Banjarbaru, (Antaranews Kalsel) - Pengurus cabang Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan, menargetkan bisa mencetak pesilat handal yang mampu meraih prestasi tingkat nasional.  


"Target kami mencetak pesilat yang handal dan mampu meraih prestasi terbaik tingkat nasional," ujar Ketua IPSI Banjarbaru Ahmad Rifani Iwansyah di Banjarbaru, Kalsel, Minggu.

Ia optimistis target jangka pendek itu tercapai karena sejumlah pesilat binaan IPSI Banjarbaru mampu meraih prestasi pada kejuaraan pencak silat dewasa Provinsi Kalsel awal Mei 2015.

Disebutkan, prestasi yang diraih pesilat Banjarbaru adalah lima emas, satu perak dan satu perunggu yang menempatkan Banjarbaru sebagai peraih medali terbanyak.

"Prestasi yang telah diraih pesilat itu menjadi pemacu semangat kami untuk membina mereka lebih handal sehingga meraih prestasi maksimal," ungkap Ketua DPRD Banjarbaru itu.

Menurut dia, pihaknya sudah mulai mempersiapkan pesilat menghadapi pra Pekan Olahraga Nasional (Pra PON) yang pelaksanaannya dijadwalkan bulan Desember 2015.

Dikatakan, untuk memacu mental dan semangat pesilat, dirinya secara pribadi memberikan uang pembinaan bagi pesilat yang berprestasi sehingga semakin semangat berlatih.

"Lima pesilat yang meraih medali emas itu diikutsertakan dalam Pra PON sehingga kami mempersiapkan mereka berlatih maksimal agar menjadi yang terbaik," ucapnya.

Salah seorang pesilat peraih emas Lusi Indriyani mengatakan, dirinya siap berlatih keras sehingga bisa mengikuti Pra PON untuk meraih tiket menuju PON yang sebenarnya.

"Kami siap mengikuti pemusatan latihan menjelang Pra PON sehingga bisa tampil maksimal," ujar pesilat yang turun pada kategori tanding kelas E 65-70 kilogram putri itu.

Dikatakan, perhatian yang telah diberikan Ketua Pengcab IPSI Kota Banjarbaru menjadi motivasi untuk berlatih sehingga bisa tampil maksimal dan meraih prestasi.
"Intinya, kami siap berlatih keras sehingga benar-benar siap mengikuti Pra PON ," ujar pesilat perguruan silat Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) tersebut./

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015