Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Tanah Laut, Kalimantan Selatan Dahnial Kifli mengatstan, pajak daerah merupakan tulang punggung pendanaan pembangunan dan pendukung proses pembangunan, pelayanan dan penyelenggaraan pemerintah.

"Dilaksanakan Pencanangan Panutan Pembayaran (PBB-P2) bertujuan untuk memberikan motivasi kepada masyarakat Kabupaten Tanah Laut, agar tingkat kesadaran wajib pajak meningkat,  khususnya dalam melaksanakan kewajibannya membayar PBB-P2,"ujar Sekretaris Daerah Tanah Laut Dahnial Kifli, saat mencanangkan Panutan Pembayaran Pajak Bumi Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB-P2), di halaman Kantor Badan Pendapatan Daerah Tanah Laut.

Selain itu, menurut dia, pencanangan panutan pajak dalam rangka optimalisasi pendapatan asli aaerah (PAD) Kabupaten Tanah Laut.

Potensi PBB Tanah Laut, jelas dia, saat ini dilaporkan mengalami peningkatan. 

"Pada Tahun 2020 telah terbit 128.386 Surat Pemberitahuan Pajak Terutang (SPPT) dan di Tahun 2021 per 30 Juni sudah diterbitkan 132.010,"terangnya. 

Secara kuantitas, papar dia, ada peningkatan, begitu juga pada status lunas pajak dari empat desa di tahun 2019 meningkat menjadi enam desa di tahun 2020.

Lebih lanjut dia mengemukakan, banyak faktor yang menyebabkan masih rendahnya realisasi PBB-P2, salah satunya masih banyak data wajib pajak belum valid karena kurang aktifnya wajib pajak untuk melaporkan data real.

"Diharapkan adanya keterlibatan pemerintah desa untuk mengatasi ini, karena lokasi masih jauh untuk pembayaran pajak dan masih banyak belum menguasai teknologi, seperti penggunaan mobile banking dan lain-lain,"ungkap Dahnial Kifli.

Dahnial Kifli menambahkan, selain kesadaran dari masyarakat dalam membayar pajak yang perlu ditingkatkan, juga perlu mengimbangi peningkatan kualitas pelayanan kepada masyarakat.

"Saya berharap kepada seluruh aparatur desa khususnya kepala desa untuk senantiasa memotivasi aparat di lingkungannya untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuannya agar mampu mengelola kewenangan desa secara efektif dan efisien," tegasnya.

Turut hadir di acara itu para Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Kabupaten Tanah Laut, para Camat se- Kabupaten Tanah Laut serta perwakilan Bank Kalsel.
 
Sekretaris Daerah Tanah Laut Dahnial Kifli mencanangkan Panutan Pembayaran Pajak Bumi Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB-P2), di halaman Kantor Badan Pendapatan Daerah Tanah Laut, Rabu (21/7).Foto:Antaranews Kalsel/Diskominfo Tanah Laut.

Pewarta: Arianto

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021