Balangan, (Antaranews Kalsel) - Pemerintah Kabupaten Balangan, Provinsi Kalimantan Selatan, melalui Dinas Pekerjaan Umum (PU) akan melakukan perbaikan infrastruktur jalan dan jembatan yang ada di sejumlah kecamatan di kabupaten setempat.


Kabid Bina Marga PU Balangan Cecep Ruswantoro di Paringin, Rabu mengungkapkan, perbaikan jalan dan jembatan hampir di semua kecamatan di Kabupaten Balangan, terutama jalan lintas kabupaten.

"Pada dasarnya sebagian ada program lanjutan pembangunan tahun 2014, serta ada tambahan perencanaan di tahun 2015 ini," ucapnya.

Cecep menyebutkan, untuk Kecamatan Juai ada lima jalan yang akan diperbaiki, Lampihong tiga jalan, Batumandi dua jalan, Awayan dua jalan, Tebing Tinggi tiga jalan, Halong empat jalan, sedangkan Paringin Selatan dan Kota Paringin ada empat jalan.

"Perbaikan jalan ini bervariasi, ada yang dilebarkan, ada juga yang diaspal saja tergantung tingkat kerusakan yang ada di lapangan," katanya.

Sementara untuk jembatan hanya beberapa kecamatan yang akan diperbaiki, seperti di Halong ada tiga jembatan, sementara itu untuk Paringin, Paringin Selatan, Lampihong, Batumandi, dan Tebing Tinggi masing-masing satu jembatan.

"Sebagian jalan sudah mulai ada dikerjakan, terutama pelebaran jalan, dan beberapa program ini ada yang masih dalam proses lelang," ungkap Cecep.

Menurutnya ditahun 2015 ini lebih banyak melanjutkan program sebelumnya, hal yang utama adalah perbaikan jalan poros, dengan target 2017 jalan poros sudah selesai semua.

"Kalau jalan poros sudah selesai, seterusnya dilakukan pemeliharaan, baru merambah ke perbaikan jalan-jalan desa, untuk memudahkan akses warga baik dalam sektor ekonomi, pedidikan maupun hal lainnya," tambahnya.

Salah satu jalan lintas kabupaten yang sedang dikerjakan adalah jalan Desa Panaitan di Kecamatan Lampihong, di wilayah ini selain nantinya dilakukan pengaspalan, pihak PU juga melebarkan jalan dari sisi kiri dan kanan sepanjang dua meter.

  Kepala Desa Panaitan, M Yusran mengatakan, ada beberapa titik jalan beraspal yang sudah rusak, bahkan bisa dibilang parah, tepatnya di RT I, II, dan III, kondisi tersebut sudah rusak parah selama satu tahun belakangan
  

Pewarta: Roly Supriadi

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015