Balangan, (AntaranewsKalsel) - Kepolisian Resor Kabupaten Balangan, Provinsi Kalimantan Selatan, menurunkan 150 personil untuk pengamanan pelaksanaan Musabaqah Tilawati Qur`an (MTQ) Nasional tingkat Provinsi Kalsel di "Bumi Sanggam" (julukan Kabupaten Balangan).


Kapolres Balangan AKBP Sudrajad Hariwibowo, di Paringin Minggu mengatakan, 150 personil gabungan dari Polres dan Polsek akan disiagakan demi kelancaran pelaksanaan MTQ Nasional ke XXVIII di Balangan.

"Untuk polres menyiapkan 150 personil gabungan baik dari polres maupun dari polsek, pengamanan sudah dipersiapkan di tempat-tempat yang dinilai perlu dukungan pihak kepolisian," ujarnya.

Yang paling mendesak yaitu pengamanan dan pengaturan jalur lalu lintas ujarnya, karena kepadatan lalu lintas sudah mulai meningkat seiring datangnya para tamu dari berbagai Kabupaten/Kota se-Kalsel di Balangan.

Untuk daerah pemukiman dan pemondokan kilafah, dengan kurang lebih 80 - 90 tempat pemondokan, akan dilaksanakan patroli demi kenyamanan dan keamanan para tamu dan warga sekitar.

"Kita siaga penuh demi keamanan dan kenyamanan warga dan tamu, kita waspadai banyaknya tamu maupun pengunjung yang berdatangan, untuk menghindari para pelaku kejahatan yang memanfaatkan moment acara ini," atanya.

Ia merincikan, beberapa titik yang sudah di tentukan yaitu panggung utama, Mesjid Al Akbar komplek Islamic Center, jalur jalan nasional.

Selanjutnya tempat pemondokan kilafah serta lokasi pelaksanaan acara yang berpusat di Kecamatan Paringin ibukota Kabupaten Balangan serta Kecamatan Paringin Selatan.

Ia menambahkan, selain di Kecamatan Paringin dan Paringin Selatan, untuk pemondokan dewan hakim lanjutnya, berlokasi di komplek Nurul Muhibbin Kecamatan Batu Mandi.

"Jadi pihak kami akan melakukan pengamanan di seluruh wilayah hukum Polres Balangan yang memiliki potensi kemacetan, kerawanan, maupun gangguan keamanan lainnya, sejak sebelum kegiatan hingga selesai kegiatan" paparnya.

Pewarta: Roly Supriadi

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015