Martapura, (Antaranews Kalsel) - Lomba bercerita sebuah kegiatan yang memiliki sisi positif untuk  menciptakan daya kreatifitas, daya nalar, serta memupuk rasa percaya diri, dalam menciptakan kekuatan mental anak supaya berani tampil dalam berbagai kegiatan yang bermanfaat.


Siara Pers Humas Pemkab Banjar diterima Antaranews Kalsel, Kamis menyebutkan hal tersebut disampaikan langsung oleh Assisten II Bidang Pembangunan, H Masruri, mewakili Bupati Banjar saat membuka Acara Lomba Bercerita Siswa/siswi Tingkat SD, SMP sederajat Se-Kabupaten Banjar Tahun 2014, Rabu 15 April 2015, di Aula Barakat, Pemkab Banjar di Martapura, Rabu (16/4).

Lomba bercerita yang menjadi agenda rutin dilaksanakan oleh Kantor Perpustakaan, Arsip dan Dokumentasi pemerintah Kabupaten Banjar itu dihadiri pula oleh Kepala Kantor Perpustakaan, Arsip dan Dokumentasi pemerintah Kabupaten Banjar, Hj. Musikatik.

Dijelaskan dengan diadakannya lomba bercerita ini diharapkan mampu memotivasi anak-anak di tingkat SD, SMP sederajat agar gemar membaca, serta memahami isinya, karna dengan rajin membacalah maka  anak-anak akan bisa bernarasi, serta memperoleh pengetahuan.

Menurut H. Masruri, budaya gemar membaca harus diterapkan sejak dini. Pada usia sekolah dasar dan usia sekolah menengah pertama, rasa keingin tahuan anak sedang mengalami taraf perkembangan. Momen ini semestinya dipergunakan untuk membimbing dan memberikan informasi yang tepat melalui buku bacaan yang bermutu, agar memberikan dampak yang baik bagi perkembangan budi pekerti serta tingkah laku anak.

Sebelumnya, Guslan selaku Ketua Panitia lomba bercerita dalam laporannya menyampaikan, bahwa lomba ini diikuti oleh 14 peserta dari SD, SMP sederajat perwakilan dari UPT Pendidikan di masing-masing Kecamatan se-Kabupaten Banjar.

Dia mengemukakan,tujuan yang ingin dicapai dari agenda tahunan ini adalah demi menumbuh kembangkan kegemaran membaca melalui berbagai bahan bacaan dan media, menanamkan rasa cinta kebudayaan bangsa, khsusnya budaya Banjar sebagai budaya daerah.

Selesai membuka kegiatan lomba, Assisten II Setda Banjar H Masruri didampingi Kepala Kantor Perpustakaan, Arsip dan Dokumentasi pemerintah Kabupaten Banjar, Hj. Musikatik menerima bingkisan berupa bibit tanaman pohon oleh perwakilan peserta lomba bercerita, ini dalam rangka mendukung dan mensukseskan program penghijauan, serte symbol kepedulian lingkungan.

Keluar sebagai pemenang Lomba Bercerita Siswa/siswi Tingkat SD sederajat Se-Kabupaten Banjar Tahun 2015, sebagai Juara I Miranti Karina dari SDN Jawa 2 Martapura dengan judul cerita Dayuhan Dan Intingan.

Eliana Nursafitri dari SDN Astambul Seberang dengan judul cerita juga Dayuhan dan Intingan sebagai juara II, serta Hayatullah Humaidi sebagai Juara III dengan judul cerita Kisah Kucing dan Raja./e

Pewarta: Asmuni

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015