Saka Kencana Kwartir Cabang (Kwarcab) Balangan menjadi andalan Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten Balangan untuk mendekatkan para remaja pada program pengendalian penduduk dan keluarga berencana.

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Balangan Ahmad Nasa'i di Paringin Rabu, sangat bersyukur karena telah melakukan pelantikan Majelis Pembimbing Saka (Mabisaka) dan Saka Kencana masa bhakti 2021-2026.

"Kami berharap dengan adanya kepengurusan Saka Kencana, bisa lebih mendekatkan program pengendalian penduduk dan keluarga berencana ini kepada para remaja-remaja khususnya di Kabupaten Balangan," ucap Nasa'i.

Selain itu, kata dia, karena remaja inilah yang sangat rentan dengan hal-hal yang negatif, jadi dengan kegiatan yang sangat positif ini kita berharap semua remaja-remaja ini bisa terarah kehidupannya, di samping itu juga menunjang sebagai perpanjangan tangan kami kepada remaja-remaja di Balangan. 

Sementara itu, Ketua Kwartircab Balangan Burhan berharap, setelah pelantikan ini dilakukan, gerakan pramuka pada Saka Kencana ini bisa berjalan dengan sesuai harapan.

"Anggota yang dilantik yaitu sebanyak 16 orang, dan anggota lainnya nanti dapat mereka merekrut ke sekolah-sekolah terdekat dan bahkan ada sekolah-sekolah yang jauh dari kota juga bisa untuk direkrut menjadi anggota," jelasnya.

Perlu diketahui, tutur Burhan, Saka Kencana, Saka Wirakartika, Taruna Bumi dan lainnya, mereka membuka kesempatan untuk adik-adik kita yang berminat untuk berkembang dalam bidang kepramukaan sesuai dengan harapannya masing-masing, sebagai contoh, mereka yang suka berkebun masuk di Taruna Bumi.

Kemudian, lanjut dia, yang suka bidang kesehatan masuk di Saka Kencana atau di Bakti Husada, dan yang berjiwa seperti militer masuk di Saka Wirakartika. 

Sebagaimana diketahui, selama ini telah banyak kegiatan positif yang dilakukan oleh adik-adik pramuka, di antaranya kalau terjadi musibah kebakaran, kebanjiran dan lain sebagainya, dengan meminta izin kepada Mabisaka mereka langsung bergerak untuk membantu para korban dengan melaksanakan Baksos dan lainnya.

Pewarta: Ragil Darmawan

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021