Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - 130 perwira dijajaran Kepolisian Daerah (Polda) Kalsel mendapatkan mutasi langsung untuk mengisi jabatan baru di lingkungan Polda setempat.

"Mutasi ini sebagai bentuk pembinaan personil dan tidak ada hal lain yang negatif dalam mutasi perpindahan personil ini," ucap Kepala Bidang Humas Polda Kalsel AKBP Sunyipto di Banjarmasin, Senin.

Ia mengatakan, mutasi yang dilakukan di lingkungan Polda Kalsel ini selain bentuk pembinaan personil juga sebagai bentuk penyegaran terhadap jabatan lama mereka.

Ini hal yang biasa dilakukan di tubuh Polri dan tindak ada yang mengejutkan dalam mutasi tersebut dan setiap personil yang dimutasi selalu siap menempati jabatan baru.

"Personil yang yang mendapatkan mutasi ini dari golongan perwira menengah dan perwira pertama yang ada dijajaran Polda Kalsel," tuturnya saat dikonfirmasi Wartawan Antara.

Sementara itu Kompol Rudy Hartono yang menjabat sebagai Kasubdit Provos Bidang Propam Polda Kalsel mengatakan dirinya siap melaksanakan mutasi tersebut untuk mengisi jabatan baru sebagai Wakapolres Banjar.

"Lingkungan Polres Banjar bukan hal yang baru bagi saya karena sebelumnya saya pernah di Polres tersebut sebelumnya menjadi Kasat Lantas pada 2010," ujar pria yang sudah 2,5 tahun menjabat di Bidang Propam Polda Kalsel itu.

Ia terus mengatakan, jabatan sebagai Wakapolres itu tidak jauh beda dengan tugas Kasubdit Provos karena sama-sama melakukan pembinaan internal kepada anggota.

Bukan itu saja Wakapolres Batola Kompol Andri Koko Prabowo MH yang mengisi jabatan baru sebagai Kabagbinopsnal Ditresnarkoba Polda Kalsel turut mengatakan siap melaksanakan tugas dan jabatan baru sebagai bentuk pengabdian.

"Di Ditresnarkoba Polda itu bukan hal yang baru karena sebelumnya saya juga pernah menjabat di satuan tersebut sebagai Kanit 1 Subdit 1," ucapnya.

Untuk diketahui 130 perwira yang mendapat mutasi itu di antaranya Kompol Ari Lasta Irawan Kasubbidpaminal Bidpropam Polda Kalsel jadi Kasubdit 3 ditintelkam Polda Kalsel digantikan Kompol Afner Juwono Wakapolres Tapin. Kompol Toton P Wardhan sebelumnya menjabat sebagai Kasistandar Subditkamsel Ditlantas Polda Kalsel diangkat dalam jabatan barau sebagai Wakapolres Hulu Sungai Tengah.

Selanjutnya, Kapolsekta Banjarmasin Selatan Kompol Sarjono dimutasi menjadi Kabag Sumda Polres Kotabaru sedangkan Kasat Reskrim Polres Tanah Bumbu AKP Ade Papa Rihi menjadi Kasat Reskrim Tanah Laut.

Sedangkan Kompol Achmad Fathul Ulum sebelumnya menjabat sebagai Kasi BPKB Subditregident Ditlantas Polda Kalsel dimutasi Kasubbagmutjab Bagbinkar RO SDM Polda Kalsel.

Kompol Moerdilly Savirianto sebelumnya menjabat sebagai Kasi STNK Subditregident Ditlantas Polda Kalsel dimutasi menjadi Kasubbagrenmin Ditlantas polda kalsel. Akbp Christian Rony Putra Kasubdit 3 Ditresnarkoba Polda Kalsel jadi Pamen RO SDM Polda Kalsel dalam rangka Dik Sespimmen, digantikan AKBP Agus Durijanto meninggalkan jabatan sebagai Kabagbinopsnal Ditresnarkoba.

Untuk posisi Agus diganti Kompol Andri Koko Prabowo yang sebelumnya menjabat sebagai Wakapolres Batola. Kompol Agung Tri Widiantoro Kasi SIM Subregident Polda Kalsel jadi Pamen RO SDM Polda Kalsel dalam rangka Dik Sespimmen. Selanjutnya AKP Volvy Apriana Wakapolsek Polres Banjar Baru kota menjabat dalam jabatan baru sebagai Kapolsek Matraman Kalsel.

Pewarta: Gunawan Wibisono

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015