Batulicin, (Antaranews Kalsel) - Hotel Setia Kawan yang bersebelahan dengan pasar harian Kecamatan Simpang Empat, Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, Selasa hangus terbakar.


"Dugaan sementara, penyebab kebakaran berawal dari arus pendek listrik dari kamar lantai atas, dan merambat ke ruangan yang lain," kata Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan Bencana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tanah Bumbu Abdul Rahim, di Batulicin, Selasa.

Sedikitnya delapaan unit mobil pemadam kebakaran dikerahkan untuk memadamkan api yang sudah berkobar tersebut.

Rahim menjelaskan, petugas pemadam banyak mengalami kendala dalam memadamkan api saat di lokasi msibah, di antaranya, banyaknya masyarakat yang hanya menonton terjadinya kebakaran, sehingga mobil pemadam terhalang oleh masyarakat menuju titik lokasi.

Faktor lainnya, minimnya sarana dan infrastruktur untuk mendukung pemadamaan, seperti, tangki penyuplai air untuk mobil pemadam, sehingga petugas menglamai kesulitan saat proses pemadaman berlangsung.

Selain hotel yang hangus dilalapsi jagomerah, musibah kebakaran tersebut juga menebakan enam buah mobil pribadi dan dua buah sepedah motor yang di parkir di tempat parkiran hotel habis terbakar.

"Selain untuk penginapan kami juga menerima jasa penitipan kendaraan, jadi kendaraan dan mobil yang terbakar merupakan milik pelanggan yang dititipkan," kata pemilik hotel setia kawan Ridwan Kho.

Ridwan mengaku, dirinya sempat terluka bakar pada tangan dan pipi sebelah kanan disaat berusaha untuk menyelamatkan dokumen-dokumen penting yang berada di hotel tersebut.

  Tidak ada korban jiwa, namun kerugian yang di derita akibat kebakaran tersebut mencapai miliaran rupiah.   

Pewarta: Imam Hanafi

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015