Balikpapan, (Antaranews Kalsel) - Gelandang serang asal Liberia Ansu Toure menyatakan akan pergi dari Balikpapan bila dirinya tak segera dikontrak manajemen Beruang Madu.


"Saya tunggu sampai Minggu (22/3) nanti," kata Toure, Rabu.

Apakah ada tawaran dari klub lain? Toure tidak membantah tapi juga tidak mengiyakan. Ia menegaskan masih menunggu keputusan Persiba tentang dirinya.

Ansu Toure sudah mengikuti seleksi selama 2 minggu bersama Persiba. Sebagai gelandang serang ia cukup produktif. Ansu antara lain mencetak satu gol dari 1-4 kemenangan Persiba atas mitra latihnya PS Penajam Paser Utara. Ia juga rajin menciptakan peluang untuk striker utama.

Musim 2013 Ansu Toure juga menjalani seleksi dan bermain untuk Persiba selama setengah musim. Pada 2014 ia masuk lagi ke Persiba, namun mulai dari pertengahan musim. Toure menjadi salah satu penyelamat tim saat dalam kondisi genting musim lalu. Toure mencetak 10 gol dan membantu Persiba tetap bertahan di Liga Super Indonesia.

"Sementara situasi saya begini, belum ada kepastian," lanjut Toure yang pernah bermain di MLS, Major League Soccer, liga sepakbola Amerika Serikat. Sebab itu pula Toure kini juga memegang paspor AS.

Situasi Persiba sendiri masih tengah menyeleksi pemain asing. Pelatih Eddy Simon Badawi masih menimbang striker Argentina Leonel Felice. Menurut Badawi ia akan mengambil keputusan soal striker itu pada Kamis (19/3) seusai pertandingan ujicoba lawan PS Penajam Paser Utara.

Di sisi lain, tentang Ansu Toure, menurut Pelatih Badawi, sudah sangat layak kembali berkostum Persiba. Ia bahkan mengaku sudah menyiapkan taktik dan strategi dengan Toure sebagai second striker atau gelandang serang dibelakang ujung tombak I Made Wirahadi. Peran gelandang serang juga dimainkan Antonio Teles dan menurut Badawi keduanya cocok. Sebelumnya, Pelatih Badawi menyatakan ia mencari striker murni untuk menjadi goal getter Beruang Madu, seorang striker seperti Aldo Baretto atau Mahmoud El Ali.

"Kualitas Ansu bagus dan pas dengan kebutuhan tim," kata Badawi. Namun ia juga menambahkan bahwa keputusan untuk kontrak ada di pengurus. Bila Toure belum dikontrak juga hingga hari ini, barangkali ada pertimbangan lain.

"Ya saya tunggu sampai Minggu," kata Toure lagi./e

Pewarta: Novi Abdi

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015