Warga Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan kini mendapat kemudahan mencetak Kartu Tanda Penduduk maupun dokumen kependudukan lainnya cukup mendatangi Anjungan Disdukcapil Mandiri (ADM).

Wali Kota Banjarbaru H M Aditya Mufti Ariffin, Kamis mengatakan, pihaknya meluncurkan ADM yang ditempatkan di Mal Pelayanan Publik (MPP) Kantor Dinas Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Banjarbaru. 

"Peluncuran ADM dilakukan wakil wali kota dan fasilitas layanan bagi warga itu merupakan kado ulang tahun Kota Banjarbaru ke-22. Harapan kami, alat dan kelengkapan ADM lainnya mampu maksimal digunakan," ujar wali kota. 

Ia mengatakan, fasilitas ADM yang merupakan bantuan Kemendagri itu, sebagai wujud komitmen Pemkot Banjarbaru dalam memberi layanan kependudukan prima bagi seluruh masyarakat kota Idaman. 

Disisi lain, pihaknya berterima kasih kepada Direktur Pencatatan Sipil Direktorat Jenderal Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kemendagri Handayani Ningrum yang hadir dalam peluncuran fasilitas tersebut.

"Kami berterima kasih kepada Direktur dan Kadis Dukcapil Banjarbaru Fatma Karmailita yang berhasil mewujudkan ADM sebagai layanan satu-satunya di Kalsel sehingga makin memudahkan masyarakat berurusan," ucapnya.

Ditambahkan Wakil Wali Kota Wartono kehadiran ADM di MPP diharapkan mempercepat urusan masyarakat mendapatkan layanan kependudukan baik pencetakan KTP dan dokumen kependudukan lainnya. 

"Pemohon tinggal mengisi formulir secara online, jika sudah lengkap tinggal datang ke ADM di MPP untuk mencetak KTP maupun dokumen kependudukan lainnya. Semua makin mudah dan semoga lancar," ujarnya. 

Dikatakan, penempatan ADM yang fungsinya sama seperti mesin ATM milik perbankan merupakan langkah kongkrit mempercepat pelayanan di MPP sehingga masyarakat semakin mudah mengurus keperluannya. 

"Layanan ADM ini menjadi sebuah kebanggaan bagi Pemkot Banjarbaru yang telah membangun MPP untuk memudahkan dan mempercepat pelayanan kependudukan bagi seluruh masyarakat," kata wawali.

 

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021