Banjarmasin, Antaranews Kalsel - Kabupaten Tabalong ditetapkan sebagai tuan rumah Pekan Olahraga Provinsi X melalui proses voting dua putaran.

"Mulai besok kami sudah melakukan persiapan dan evaluasi terhadap fasilitas-fasilitas olahraga yang perlu disempurnakani," kata Bupati Tabalong Anang Syakhfiani.

Dalam Rakonprov Kalsel 2015 di Grand Restauran Mitra Plaza Banjarmasin 23-25 Februari 2015 Kabupaten Tabalong ditetapkan sebagai tuan rumah Porprov X tahun 2017 setelah pemungutan suara dua putaran.

Pemungutan suara pada putaran pertama yang diikuti Hulu Sungai Selatan, Tabalong, Hulu Sungai Utara dan Banjarbaru. Dua daerah yaitu Kabupaten Tabalong dan Kota Banjarbaru melaju keputaran kedua karena memiliki suara terbanyak.

Putaran kedua harus dilaksanakan karena tidak ada daerah yang meraih 50 persen ditambah satu dari 56 pemilik suara.Pada putaran kedua, Tabalong berhasil meraih 32 suara dan Banjarbaru 24 suara sehingga Tabalong ditetapkan sebagai tuan rumah Porprov X tahun 2017.

"Penetapan ini memantapkan rencana kami membangun sport centre di lahan 50 hektare," kata Anang.

Kabupaten Tabalong merencanakan membangun sport centre di atas lahan seluas 50 hektare, 20 hektare diantaranya sudah dibebasan tahun 2014 dan 30 hektare sisanya dilakukan pada 2015 melalui APBDP.

"Kami diundang Ketua Umum KONI Kalsel berbincang tentang pembanguan Sport Centre melalui sharing dana APBN, APBD Kalsel dan Kabupaten serta CSR perusahaan pertambangan di Tabalong," kata Anang.

Pada Proprov X tahun 2017 Kabupaten Tabalong menawarkan mempertandingkan 29 cabang olahraga dan akan menggelar eksebisi cabang olahraga yang tidak dipertandingkan.

Porprov X akan dibuat berbeda bagi Tabalong dengan menjadikannya momentum kebangkitan olahraga Kalsel hingga ketingkat Nasional dan Internasional. Disamping target sukses penyelenggaraan dan prestasi meraih posisi tiga besar peraih medali emas terbanyak bagi Tabalong./A

Pewarta: Herry Murdy Hermawan

Editor : Abdul Hakim Muhiddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015