Armada pelayaran nasional PT Dharma Lautan Utama (DLU) mengoperasikan dua kapal guna mendukung kelancaran distribusi logistik ke Kalimantan Selatan selama Ramadhan hingga Lebaran Idul Fitri nanti untuk melayani rute Surabaya ke Banjarmasin dan sebaliknya.

"Kami jamin distribusi logistik sandang dan pangan dapat lancar untuk pasokan ke Kalimantan Selatan yang melalui jalur laut diangkut truk-truk dari pulau Jawa," terang Kepala Cabang PT Dharma Lautan Utama Banjarmasin Anton Wahyudi, Rabu.

Dua kapal roll-on/roll-off atau (Ro-Ro) yaitu KM Kirana lX dan KM Dharma Kartika lX milik DLU dipastikan menunjang kelancaran angkutan laut untuk rute Pelabuhan Trisakti Banjarmasin ke Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya dan sebaliknya.

Anton menyebut, angkutan kendaraan terutama truk-truk yang memuat logistik memang menjadi prioritas pihaknya mengingat selama Ramadhan ini diperkirakan terjadi lonjakan untuk kebutuhan masyarakat.

Di sisi lain, larangan mudik yang menjadi kebijakan pemerintah juga disikapi DLU secara arif demi menekan laju penyebaran COVID-19.

"Apa yang menjadi kebijakan pemerintah pastinya harus kita jalankan meski tentunya berdampak pada penurunan jumlah penumpang yang biasanya terjadi lonjakan saat arus mudik Lebaran," tutur Anton.

Diketahui selama periode 6 hingga 17 Mei 2021 mendatang, armada pelayaran seperti DLU hanya dianjurkan untuk membawa truk logistik demi mendukung kebijakan pemerintah terkait larangan mudik.

Meski begitu, Anton memastikan pihaknya telah menerapkan standar protokol kesehatan yang sangat ketat kepada calon penumpang. Di antaranya wajib menunjukkan hasil tes negatif COVID-19 yang berlaku 2x24 jam.

"Jadi menyambut Lebaran tahun ini DLU tidak ada program khusus. Harga tiket penumpang juga normal yaitu Rp320 ribu," ujar pria yang juga Ketua Bidang Passangger dan Roro Indonesia National Shipowners Association (INSA) Kota Banjarmasin.

Pewarta: Firman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021