Paringin,  (Antaranews Kalsel) - Bupati Kabupaten Balangan, Provinsi Kalimantan Selatan, Sefek Effendie meresmikan pelaksanaan Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) yang semula berstatus Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Balangan.

Menurut Sefek di Paringin, Senin,  perubahan nama dari rumah sakit umum daerah menjadi badan layanan umum daerah sebagai upaya  meningkatkan pelayanan kesehatan.

"Perubahan nama menjadi badan layanan umum daerah ini bertujuan untuk lebih meningkatkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat serta kepastian pendapatan bagi daerah untuk pembangunan," katanya.

Sefek mengungkapkan, demi meningkatkan pelayanan kesehatan bagi warga, sejak menjadi pejabat Bupati di Balangan pada tahun 2004, peningkatan kesehatan menjadi fokus utamanya.

"Sejak masih menjabat sebagai Bupati Balangan, pelayanan kesehatan warga menjadi fokus utama saya dan selalu ada dalam pikiran untuk menyediakan tempat serta kelengkapan bagi pelayanan kesehatan warga Balangan," ungkapnya.

Sefek menambahkan, saat ini demi meningkatkan layanan Rumah Sakit yang sudah menjadi BLUD, Rumah Sakit Balangan sudah memiliki banyak Dokter spesialis demi peningkatan pelayanan kesehatan.

"Satu orang dokter anastesi, dua dokter spesialis anak, satu dokter kebidanan, satu dokter penyakit dalam, satu dokter bedah, satu dokter spesialis mata, dan satu orang spesialis pathology tehnik," tambahnya.

Kepala Badan Pemeriksa Keuangan Perwakilan (BPKP) Provinsi Kalimantan Selatan Eddy Karim mengatakan, beroperasinya Badan Layanan Umum Daerah merupakan capaian peningkatan Pemerintah Daerah serta Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan dalam pelayanan kesehatan.

Karim membeberkan, seluruh Rumah Sakit Umum Daerah di Kalimantan Selatan sudah berstatus Badan Layanan Umum Daerah, ini merupakan pencapaian yang sangat bagus sementara di Provinsi lain masih banyak yang belum berstatus BLUD.

Direktur Rumah Sakit Umum Daerah Balangan Dr Sudirman mengungkapkan, Rumah Sakit Umum Daerah Balangan mulai beroperasi pada 9 Februari 2009 dan pada tanggal 9 Pebruari ini berusia enam tahun.

Sudirman mengungkapkan, pelayanan dan kemampuan medis di Rumah sakit Balangan sudah sejajar dengan Rumah Sakit di Kabupaten lainnya di Kalimantan Selatan, dengan jumlah tenaga medis yang mencukupi.

Tahun 2013 kata Sudirman, Rumah Sakit Umum Daerah Balangan mendapat predikat rumah sakit tipe C, yang secara spontan bisa melakukan pelayanan kesehatan, rujukan dan lain sebagainya.

"Dengan mendapat predikat Rumah Sakit tipe C pada tahun 2013 yang lalu, kami terus berusaha meningkatkan pelayanan dan terus berusaha mencapai predikat di atas C agar pelayanan kesehatan terus meningkat dan lebih baik," ujarnya.

Hingga saat ini beber Sudirman, Rumah Sakit Umum Daerah (BLUD) Balangan sudah memiliki tenaga strategis di bidang pelayanan kesehatan, dan mampu melaksanakan berbagai tindakan medis bagi pasien.

Sudirman menambahkan sejak awal Januari 2015 pelaksanaan BLUD sudah dilaksanakan, dengan konteks pengelolaan anggaran dari pendapatan Rumah Sakit bisa di jadikan pendapatan daerah untuk pembangunan.

Peresmian BLUD di halaman RSUD Balangan oleh Bupati setempat H Sefek Effendie didampingi Direktur RSUD/BLUD Drg Sudirman dan Kepala BPKP Eddy Karim.

Acara peresmian Badan Layanan Umum Daerah dihadiri oleh Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Balangan, Kepala BPKP Provinsi Kalimantan Selatan Eddy Karim, Sekdakab Balangan Ruskariadi, Forum Komunikasi Pemerintah Daerah, Kejaksaan negeri, dan Ketua MUI H M Yusuf.

Pewarta: Roly Supriadi

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015