Ketua Komisi IV Bidang Kesra DPRD Kalimantan Selatan (Kalsel) HM Lutfi Saifuddin SSos mengharapkan, Komite Olahraga Masyarakat Indonesia (Kormi) provinsinya tetap mempertahankan dan terus meningkatkan prestasi di ajang nasional serta internasional.

"Kita mengapresiasi atas keberhasilan meraih beberapa kejuaraan pada tingkat nasional dan internasional. Prestasi tersebut hendaknya di pertahankan serta ditingkatkan," tegasnya di Banjarmasin, Sabtu (6/3).

Namun Ketua Komisi IV DPRD Kalsel yang juga membidangi keolahragaan dan kemasyarakatan itu turut menyangkan atas perhatian pemerintah (termasuk pemerintah daerah setempat) terkesan kurang terhadap Kormi yang dulu bernama Forum Olahraga Masyarakat Indonesia (Formi) tersebut.

Sebagai contoh dalam pemberian bantuan anggaran berupa hibah dari pemerintah provinsi (Pemprov) Kalsel Tahun 2021 jauh lebih kecil bila dibandingkan dengan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) setempat.

"Ketika rapat dengar pendapat (RDP) Komisi IV DPRD Kalsel dengan Kormi provinsi setempat di Banjarmasin, Kamis (4/3), mereka mendapatkan bantuan hibah pada Tahun Anggaran 2021 hanya Rp200 juta dari Pemprovnya," kutip politikus Partai Gerindra tersebut.

"Bantuan dana sebesar Rp200 juta mana cukup untuk pembinaan atau peningkatan prestasi cabang olahraga masyarakat yang cukup banyak berada di bawah Kormi Kalsel, apalagi untuk biaya pengiriman peserta ke kejuaraan nasional dan internasional," lanjutnya.

Padahal selain banyak membawahi organisasi olahraga masyarakat atau lebih banyak dari KONI provinsi setempat, Kormi Kalsel "menoreh" prestasi di ajang internasional atau membawa harum nama daerah.

Oleh karena itu, anggota DPRD Kalsel dua periode itu mengungkapkan pemerintah daerah (Pemda) setem, baik tingkat provinsi maupun kabupaten/kota agar meningkatkan perhatian seperti memberi bantuan untuk pembiayaan kegiatan Kormi provinsinya.

Selain itu, wakil rakyat asal daerah pemilihan Kalsel I/Kota Banjarmasin tersebut menyarankan agar Kormi bisa lebih sering melakukan komunikasi dan koordinasi dengan pihak terkait, khususnya Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) provinsi setempat agar kondisi seperti masa lalu serta sekarang ini tidak terulang lagi.

"Kami pun selaku wakil rakyat akan terus turut memperjuangkan. Mudah-mudaha bantuan anggaran untuk pembinaan Kormi Kalsel mendapatkan tambahan dana hibah," demikian Lutfi.

Dalam RDP Komisi IV tersebut dengan Kormi Kalsel juga hadir Kepala Dispora provinsi setempat, H Hermansyah.


 

Pewarta: Syamsuddin Hasan

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021