Amuntai, Kalsel,(Antaranews Kalsel) - Pengurus daerah Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Hulu Sungai Utara, Kalimantan Selatan, memastikan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) X/2017 di Hulu Sungai Utara akan mempertandingkan 43 cabang olahraga.


Wakil Spirit dan Iptek Pengurus Daerah (Pengda) KONI Hulu Sungai Utara, Hadi Subroto, di Amuntai, Kalsel, Selasa, mengatakan, rencana menggelar 43 cabang olahraga tersebut sudah mendapatkan dukungan dari Pengda KONI setempat bersama pemerintah daerah serta DPRD.

"Asalkan kita dipilih menjadi tuan rumah, Insya Allah semua cabang olahraga yang dilaksanakan pada Porprov X/2017 bisa kita laksanakan," ujar Hadi dalam siaran pers-nya.

Hadi menjelaskan, tim verifikasi KONI Propinsi Kalimantan Selatan sudah meninjau ke semua fasilitas olahraga, dan sarana lainnya yang disiapkan oleh pemerintah daerah.

Dia mengaku berbagai sarana dan fasilitas yang disiapkan untuk pelaksanaan Porprov masih harus ada yang perlu dibenahi, namun seiring waktu yang tersedia, semua fasilitas dan sarana yang diperlukan untuk menggelar 43 cabang bisa dirampungkan.

Apalagi, katanya, Pemkab HSU bersama DPRD setempat sudah mendukung kesiapan sebagai tuan rumah Porprov, dan menyediakan anggaran daerah untuk membangun dan merenovasi sejumlah fasilitas dan sarana olahraga.

Hadi menjelaskan, pada saat verifikasi kemarin tim dari KONI Kalsel misalnya masih menemukan luas gedung yang dipersiapkan menjadi lokasi pelaksanaan cabang olahraga tertentu masih belum memenuhi syarat, sehingga harus dialihkan ke lokasi lain yang lebih memenuhi syarat.

Tim verifikasi juga menyarankan agar dibangun sarana tertentu di lokasi penyelenggaraan olah raga nantinya, seperti pembangunan dermaga dan kesekretariatan di Desa Sungai Tabukan, yang direncanakan menjadi arena lomba dayung.

Dia mengaku, untuk dipilih menjadi tuan rumahg, Hulu Sungai Utara harus mampu mengalahkan Kabupaten Banjar, Hulu Sungai Selatan, Hulu Sungai Tengah dan Tabalong.

Sedangkan Kotamadya Banjarmasin sudah lebih dulu gugur sebelum memasuki tahap verifikasi kemaren.

"Karena HSU harus bersaing dengan beberapa kabupaten/kota, dan dari keempat calon tuan rumah Porprov mungkin hanya Kabupaten Tabalong yang menjadi saingan kuat HSU untuk terpilih menjadi tuan rumah," ungkapnya.

Setelah tahap verifikasi oleh pihak KONI Kalsel, tahap berikutnya yakni presentasi oleh kepala daerah didepan semua pengda KONI kabupaten kota pada pertengahan pebruari 2015 di Banjarmasin.

"Kita berharap pada saat presentasi nanti kabupaten HSU mendapat dukungan suara dari pengurus KONI dari 13 kota/kabupaten dan 43 Pengda Cabang Olahraga yang dilombakan nanti," kata Hadi.

  Meski Kabupaten HSU belum resmi terpilih sebagai tuan rumah penyelenggaraan Porprov X, namun pembangunan dan renovasi sejumlah sarana olahraga sudah dilakukan.   

Pewarta: Imam Hanafi

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015