Tanjung,  (Antara) - Bersamaan peringatan hari guru nasional 2014 Bupati Tabalong, Kalimantan Selatan, Anang Syakhfiani menjanjikan akan menaikkan tunjangan bagi tenaga guru yang bertugas di daerah terpencil.

Di hadapan sekitar 200 guru di lingkungan Dinas Pendidikan Tabalong, Anang di Tanjung, Kamis mengatakan guru memiliki peran mulia dan strategis karena itu perlu ditunjang dengan peningkatan kesejahteraan.

Salah satunya kata dia dengan menaikkan tunjangan bagi guru yang mengabdi di daerah terpencil yang tersebar di Kecamatan Bintang Ara dan Muara Uya.

"Tunjangan guru yang bertugas di daerah terpencil akan kita naikkan demi meningkatkan kesejahteraan karena peran guru sangat mulia dan strategis dalam mempersiapkan generasi bangsa," jelas Anang saat menjadi pembina upacara para peringatan hari guru nasional di halaman Pendopo Pembataan.

Kenaikan tunjangan pun tidak sebatas bagi guru yang mengabdi di daerah terpencil namun para tenaga pendidik yang bertugas di wilayah Tabalong juga akan dinaikkan.

"Saya hanya mohon doa dari para guru agar tetap diberi kesehatan dan kekuatan sehingga bisa mencarikan dana untuk kenaikan tunjangan guru semua," jelas Anang.

Sementara itu dalam rangka peringatan hari guru nasional 2014, sambutan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Anies Baswedan yang dibacakan Bupati Tabalong menyatakan masih banyak tanggungjawab pemerintah pada guru yang belum ditunaikan dengan tuntas dan diakui bahwa saat ini guru belum ditempatkan sebagaimana seharusnya.

"Pemerintah di semua level harus menempatkan guru dengan sebaik-baiknya dan menunaikan secara tuntas semua kewajibannya bagi guru. Pekerjaan rumah pemerintah, di semua level masih banyak mulai dari masalah status kepegawaian, kesejahteraan serta hal-hal lainnya yang berhubungan dengan guru harus dituntaskan," ungkap Anies dalam sambutan tertulisnya.

Terpisah Kadis Pendidikan Tabalong, Marzuki Hakim mengatakan rencana kenaikan tunjangan guru terpencil memang akan diupayakan untuk meningkatkan kinerja.

"Saat ini tunjangan untuk guru terpencil Rp1 juta per bulan dan besarnya kenaikan belum kita usulkan," jelas Marzuki.

Tenaga guru yang mengabdi di daerah terpencil masing-masing guru tingkat SD dan SMP diantaranya di Desa Dambung, Desa Misim, Desa Salikung dan Desa Panaan.

Sedangkan untuk tingkat SLTA, data di Dinas Pendidikan Tabalong tidak ada yang masuk kategori daerah terpencil.

Pewarta: Herlina Lasmianti

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2014