Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - PT Pelindo III Cabang Banjarmasin, Provinsi Kalimantan Selatan melaksanakan sosialisasi nota tagihan melalui aplikasi e-nota atau nota secara elektronik yang bertujuan untuk keterbukaan, kecepatan pelayanan dan kemudahan.


General Manager PT Pelindo III (Persero) Cabang Banjarmasin Hengki Jajang Herasmana, di Banjarmasin, Rabu mengatakan, sebagai upaya meningkatkan pelayanan kepada pengguna jasa dan wujud komitmen perusahaan dalam program "go green and clean port", serta "drinking water","road sweeper" dan "absolut clean", PT Pelindo III juga akan melengkapi nota tagihan melalui aplikasi e-nota.

"Ini adalah upaya kami untuk memberikan kemudahan bagi pengguna jasa, dengan penerapan aplikasi e-nota," katanya.

Melalui e-nota tersebut, selain dapat memberikan kemudahan kepada para pengguna jasa dalam melakukan transaksi keuangan, juga untuk mendukung kegiatan "go green" dengan efisiensi penggunaan kertas (paperless).

Sosialisasi tersebut, kata dia, telah dilakukan kepada pengguna jasa perusahaan pelayaran dan juga perbankan di aula kantor Pelindo III Banjarmasin.

Saat ini, tambah dia, banyak pohon ditebangi untuk menyuplai kebutuhan menyediakan kertas tanpa mempedulikan bencana ekologi yang terjadi akibat pembukaan hutan.

Satu pohon memerlukan waktu 10 tahun untuk membuat kertas A4 sebanyak 16 rim."Pengurangan penggunaan kertas berarti turut membantu menyelamatkan bumi dari pemanasan global," tambah Hengki.

E-nota, tambah dia, diluncurkan selain itu untuk kemudahan, juga mendukung program perusahaan yang telah dicanangkan untuk dapat menjaga kelestarian hutan serta menjaga paru-paru dunia.

E-nota, tambah dia, juga diharapkan dapat meningkatkan kinerja perusahaan sehingga dapat memberikan kontribusi lebih dalam membangun perekonomian Indonesia terutama dalam mendukungan program "go green".

Asisten Manager Sistem Manajemen Informasi dan Teknologi Informasi PT Pelindo III Cabang Banjarmasin Agung Eka Wardhana menjelaskan, bahwa aplikasi e-nota dibuat untuk menghapus cetakan nota dalam bentuk kertas ke dalam bentuk dokumen elektronik atau softcopy.

E-nota tersebut, nantinya dikirim via email dan dapat notifikasai via email dan SMS jika pengguna jasa sudah melunasi nota tagihan sesuai kegiatan yang telah dilakukan.

E-nota juga dapat diakses melalui aplikasi anjungan yang resmi diberlakukan pada 1 Desember 2014. Pengguna jasa dapat mengakses nota dan melakukan pembayaran secara online melalui ATM, internet banking dan teller bank .

Melalui konsep one stop service, pranota dan nota jasa kepelabuhanan dapat dicetak dalam aplikasi ini setelah pengguna jasa melakukan pelunasan tagihan nota melalui website yang telah disediakan.

"Penerapan e-nota ini dapat memberikan pelunasan nota melalui pembayaran elektronik yang telah disediakan pihak bank yang bekerjasama dengan Pelindo," kata Zainal Abidin, Manager Keuangan PT Pelindo III (Persero) Cabang Banjarmasin.

Jika ada pelunasan secara otomatis saldo pengguna jasa akan berpindah ke rekening pelindo sesuai nominal yang tercantum didalam nota yang lebih dikenal dengan sistem pembayaran "host to host antara bank dan Pelindo.

  Kemudian pembayaran dapat dilakukan dengan cara SMS banking, internet banking, ATM dan teller bank, sehingga pengguna jasa dapat mudah melakukan transaksi pelunasan tidak perlu ke PPSA (Pusat Pelayanan Satu Atap) atau melalui kasir Pelindo sehingga dapat menghemat biaya kurir dan efisiensi waktu pembayaran.   

Pewarta: Oleh Ulul Maskuriah

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2014