Memperingati Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) serentak di Kalsel  diantaranya dilakukan penanaman bibit  didaerah aliran sungai (DAS) di  Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU)

Kegiatan dilakukan oleh Dinas Kehutanan Provinsi Kalimantan Selatan, Kesatuan Pemgelola Hutan (KPH) Kabupaten Balangan, Komunitas Hijau Bararawa dan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kementerian Agama Kabupaten HSU.

Kawasan yang ditanami bibit pohon untuk penghijauan yakni di Kelurahan Sungai Malang dan Palimbang Sari.

"Total 1000 bibit kita bagikan ke masyarakat untuk ditanam diantaranya guna mencegah bencana longsor," ujar Kasi Perlindungan Hutan Muhammad Emir Faisal di Amuntai, Sabtu (28/11).
Gerakan Nasional Pemulihan Daerah Aliran Sungai dalam rangka Hari Menanam Pohon Indonesia di Amuntai, Sabtu (28/11). (Antaranews Kalsel/ Diskominfo HSU/Eddy A)


Emir mengatakan, jenis bibit pohon yang dibagikan yakni mahoni, trambesi dan tanaman buah-buahan yang nantnyai memberi manfaat bagi masyarakat sekitar.

Ia mengatakan, jika kegiatan menanam bibit pohon dilaksanakan secara serentak di Kalimantan Selatan  dalam rangka Gerakan Nasional Pemulihan Daerah Aliran Sungai (GNPDAS).

Diharapkan, melalui gerakan ini dapat mengedukasi masyarakat guna menyadari pentingnya kelestarian lingkungan dan menjaga alam.

"Semoga nanti masyarakat juga termotivasi dan mencontoh untuk melakukan penanaman bibit tanaman dilingkungan tempat tinggal masing-masing," pungkasnya.
 

Pewarta: Eddy Abdillah

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020