Pelaihari, Kalsel, (Antaranews Kalsel) - Ketua terpilih Asosiasi Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia Cabang Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan, periode 2014 - 2017 Hasan Ismail menegaskan ada tiga program utama untuk memajukan persepakbolaan di daerah tersebut.


"Tiga program utama untuk memajukan persepakbolaan di Tanah Laut (Tala), yaitu pembinaan khusus usia muda, melakukan kompetisi dan mendukung pembangunan stadion olahraga bertaraf internasional," katanya di Pelaihari (ibu kota kabupaten, 65 kilomter timur Banjarmasin), Selasa.

Ia menjelaskan, maksud dari pembinaan khusus usia muda tersebut adalah, mendirikan sekolah sepakbola pada setiap kecamatan di Kabupaten Tanah Laut dengan pembinaan berkelanjutan.

"Pembinaan khusus usia muda ini kita bekerja sama dengan Dinas Pendidikan (Disdik) Tala, baik tingkat SD, SMP, SMA dan SMK. Bagi mereka yang memiliki bakat sepakbola kita tetapkan sekolah khusus menampung atlet sepakbola," ujarnya.

Sedangkan program kompetisi, sebut dia, dilakukan setiap tahun secara berjenjang berdasarkan usia hingga antarklub sepakbola yang ada di Kabupaten Tanah Laut.

"Kalau hanya pembinaan saja tanpa adanya kompetisi, maka akan sia-sia saja pembinaan tersebut. Dari kompetisi tersebut akan didapat pemain-pemain yang bisa menjadi andalan daerah," terangnya.

Lebih lanjut dia mengemukakan, perlunya mendukung pembangunan stadion bertaraf internasional, maka Kabupaten Tanah Laut bisa menjadi tuan rumah kompetisi tingkat nasional ataupun berkelas dunia.

"Adanya stadion bertaraf internasional, kompetisi tingkat nasional dan internasional bisa kita laksanakan, bahkan bisa menjadi tuan rumah," tegasnya.

Ia berharap, majunya persepakbolaan di Kabupaten Tanah Laut perlu dukungan semua pihak, baik itu pemerintah kabupaten (Pemkab) maupun swasta dan masyarakat Tanah Laut sendiri.

Terpisah, mantan Ketua Asosiasi PSSI Cabang Tanah Laut H Adriansyah mengharapkan persepakbolaan di kabupatennya lebih maju dengan kepengurusan yang baru.

"Saya sangat berharap kepengurusan yang baru dapat memajukan persepakbolaan di daerah ini, bahkan bisa bersaing dengan daerah lain," ujar anggota DPR-RI asal daerah pemilihan Kalsel itu.

Sementara itu, Bupati Tanah Laut H Bambang Alamsyah meminta pengurus baru Asosiasi PSSI periode 2014 - 2017 untuk dapat memajukan persepakbolaan di daerahnya.

  "Kepada pengurus baru saya sangat berharap persepakbolaan Tanah Laut ke depan semakin maju, dan disegani lawan dari daerah lain," tandasnya.   

Pewarta: Arianto

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2014