Lahir dari keluarga sederhana pada 7 April 1976 atau 44 tahun silam, karir Marhat melejit dengan cepat sebagai salah seorang pengusaha lokal yang sukses.

Berhasil mencapai kesuksesan menjadi pengusaha, Marhat tidak melupakan begitu saja perkembangan dunia olahraga di Balangan yang dinilainya kurang bergairah.

Mengawali langkah dengan menjabat sebagai Ketua Cabang Olahraga Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI) Balangan, Marhat  kemudian menahkodai Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Balangan periode 2012-2017.

"Keputusan saya untuk maju sebagai Ketua KONI Balangan dengan tujuan untuk memajukan olahraga di Balangan, membangun Balangan melalui bidang olahraga," ujar pria yang pernah mewakili Balangan pada Liga PBSI Kalsel tahun 2007 silam.

Lebih lanjut, Marhat yang juga hobi olahraga sepakbola sejak kecil ini mengaku, harapannya ke depan minimal olahraga Balangan tidak dipandang sebelah mata oleh daerah lain.

"Semua potensi atlet ada di Balangan. Putra-putri daerah kita sudah ditempa oleh alam, tinggal bagaimana membina mereka agar bakatnya sesuai pada tempatnya dan berujung bagus dengan mengharumkan nama Banua Sanggam," ucapnya optimis kala itu.

PEKAN OLAHRAGA KABUPATEN

Dengan niat yang tulus untuk menggairahkan kembali olahraga di Bumi Sanggam, maka tepatnya Sabtu 25 Oktober 2014 Pekan Olahraga Kabupaten (PORKAB) Pertama Balangan dimulai.

Ribuan atlet asal Balangan turut serta memeriahkan pesta ajang olahraga sekabupaten, setidaknya belasan Cabang Olahraga dipertandingkan.

Berbagai cabang olahraga itu, di antaranya Dayung, Futsal, Sepak Takraw, Se0ak Bola, Bulu Tangkis, Tenis Meja, Taekwondo, Pencak Silat, Karate, Bola Basket, Voli, Panjat Dinding, Tenis Lapangan, Catur, Bridge, Panahan, Atletik, dan Biliar.

Dan ajang PORKAB menjadi moment yang selalu dinantikan oleh para atlet Balangan untuk menunjukkan diri sebagai yang terbaik.

Dengan tujuan menjadikan ajang PORKAB tersebut sebagai salah satu pilar pembinaan olahraga bukan hanya di daerah Balangan, tetapi juga sebagai wadah pengembangan olahraga baik untuk ditingkat provinsi maupun nasional.

PORKAB yang digelar di Balangan sendiri tercatat sebagai sejarah dan momentum kebangkitan pemuda dan olahraga Kabupaten Balangan.

Balangan saat itu bahkan menjadi kabupaten pertama di Provinsi Kalsel yang pernah menggelar PORKAB sebagai ajang resmi di tingkat kabupaten yang akan direncanakan pelaksanaanya rutin tiap tahun.

Dimasa kepemimpinan Ketua KONI Kabupaten Balangan Marhat, PORKAB Balangan digelar sebanyak tiga kali, yaitu tahun 2014, 2015 dan 2016 lalu.

PORKAB sendiri, menurut Marhat,  selain sebagai ajang pembinaan dan evaluasi perkembangan olahraga, juga berfungsi sebagai hiburan gratis bagi masyarakat Balangan secara luas.

Lewat pelaksanaan PORKAB ini masyarakat bisa menyaksikan pertandingan olahraga secara gratis yang menjadi hiburan tersendiri.

"Kami KONI Balangan akan menjadikan ajang PORKAB ini sebagai agenda rutin program kerja tahunan. Selain ajang pembinaan, lewat PORKAB ini juga akan menjadi seleksi secara obyektif, profesional dan tidak ada kepentingan dalam melihat kemampuan para atlet guna mengikuti kompetesi, ajang silaturahmi dan komunikasi antar pengurus cabor maupun para atlet," bebernya.

Berbagai prestasi atlet muda Balangan mulai bermunculan kala itu, baik di tingkat PORPROV Kalsel hingga prestasi atlet nasional.

Usai memimpin KONI Balangan, Marhat mulai terjun ke dunia politik sebagai Bendahara Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) setempat, sekaligus menjadi Tim Sukses kemenangan pasangan terpilih H Ansharuddin - H Syaifullah pada Pilkada serentak Kabupaten Balangan 2015 silam.

Minggu, 1 November 2020 sekitar pukul 11.35 wita, salah satu pemuda terbaik, sang pelopor kebangkitan olahraga dan pencetus PORKAB Balangan tersebut, dikabarkan menghembuskan nafas terakhirnya di Ruang ICU COVID Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ulin Banjarmasin.

Pewarta: Roly Supriadi

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020