Kegiatan Operasi TNI dalam program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 109 yang dilaksanakan Jajaran Kodim 1022/ Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, mampu meringankan beban hidup masyarakat khusunya mereka yang tidak memiliki pekerjaan tetap atau berpenghasilan rendah.

"Kali ini program TMMD ke 109 dilaksanakan di Desa Sumber Makmur serta Desa Wonorejo Kecamatan Satui yang telah berlangsung selama satu bulan penuh," kata Komandan Kodim 1022 TNB Letkol Cpn Rahmat Trianto, di Batulicin Kamis.

Dia mengatakan, program yang kami laksanakan yakni membangun atau pengerasan jalan desa sepanjang 2,5 kilo meter.

Pemasangan gorong-gorong jalan di empat titik jalan desa yang kerap banjir akibat saluran irigasi yang tidak lancar.

Selanjutnya, melakukan bedah rumah warga sebanyak tiga unit dan renovasi tempat ibadah atau muhsola pada desa tersebut.

"Artinya, program yang kami laksanakan mengunakan dana pemerintah ini sangat dirasakan masyarakat khususnya mereka yang tidk memiliki penghasilan," ujarnya.

Selain itu pekerjaan non fisik yang dilaksanakan yakni meningkatkan sumberdaya manusia serta pengetahuan masyarakat ke dua Desa yang selama ini menjadi tempat tinggal para Satgas TMMD 109 Kodim 1022/Tnb yang bertugas melaksanakan pekerjaan.

"Alhamdulillah pelaksanaan program ini tepat waktu yang direncanakan, dan kali ini acara penutupan TMMD ke 109 tersebut ditandai penandatanganan penyerahan hasil pekerjaan fisik kepada pemerintah kabupaten Tanbu yang diwakili Sekda Tanbu H. Rooswandi Salem dan disaksikan oleh Kasrem 101/Ant Kolonel Inf Parulian Marpaung," kata Rahmat.

Dalam kegiatan tersebut juga dihadiri Kapolres Tanbu AKBP Himawan Sutanto. S. Ketua Persit KCK cab XLIX Dim 1022/Tnb Ny Dian Rahmat, Jajaran Perwira Kodim, Kepala SKPD Kab. Tanbu Camat Satui kepala Desa Sumber makmur dan Kades Wonorejo serta undangan lainya.

Terkait penyerahan hasil kegiatan TMMD ke109 yang dilaksanakan Kodim 1022/Tnb kepada Pemkab Tanbu,  Kasrem 101/Ant Kolonel Inf Parulian Marpaung menjelaskan saat ini dirinya hadir dalam kegiatan penutupan TMMD ke 109 dan kegiatan TMMD merupakan Operasi bhakti TNI sebagai aplikasi kemanunggalan TNI dan Rakyat yang bertujuan untuk membantu pemerintah daerah mensejahterakan masyarakat

"Tentunya turut mensejahterakan dalam bidang fisik serta memberikan penyuluhan berbagai pengetahuan pengetahuan diantaranya narkoba, kesehatan terlebih dimasa Covid-19 ini," ungkap Kasrem 101/Ant.

Ia berharap kepada pemerintah daerah pekerjaan yang telah dikerjakan oleh TNI tersebut kedepanya dapat ditingkatkan lagi oleh pemerintah daerah pasalnya, pekerjaan fisik yang dilaksanakan TNI tersebut masih belum final baru pada tahap pengerasan jalan saja," harap Kasrem 101/Ant.

Sementara itu Sekda Tanbu H. Rooswandi Salem juga mengucapkan terimakasih kepada jajaran TNI yang telah bersinergi dengan pemerintah kabupaten Tanah Bumbu untuk bersinergi membantu mensejahterakan masyarakat.

"Dari hasil kegiatan yang telah dilaksanakan dalam program TMMD tersebut pemerintah akan melihat dan mengevaluasi agar tahun anggaran mendatang pekerjaan tersebut bisa ditingkatkan hingga ke pengaspalan jalan," pungkas Sekda.

Pewarta: Sujud Mariono

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020