Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Banjarmasin menggelar seleksi penerimaan calon Bintara PK gelombang I dan Calon Tamtama gelombang II TA. 2020 dengan menerapkan protokol kesehatan.

Sebanyak 147 orang calon Bintara diantaranya 111 Pria, 36 Wanita dan 21 orang Calon Tamtama TNI AL mengikuti rangkaian seleksi dimulai tanggal 28 September 2020 di Mako Lanal Banjarmasin.

Proses seleksi sudah melewati 2 tahap, antara lain tahap pertama Pemeriksaan Kesehatan-1 meliputi tensi, BB/TB, mata, THT, gigi, varises, ambeien, varkokel dan bentuk tubuh. Dan dinyatakan lulus 68 orang Calon Bintara (46 pria, 22 wanita) dan 7 orang Calon Tamtama.
Lanal Banjarmasin menggelar seleksi penerimaan calon Bintara PK gelombang I dan Calon Tamtama gelombang II TA. 2020. (ANTARA/Firman)


Seleksi tahap kedua pada tanggal 6 dan 7 Oktober 2020 yaitu tes Psikologi 1 dan 2 oleh Tim Seleksi dari Dinas Psikologi Angkatan Laut, dan dinyatakan lulus 23 orang Calon Bintara (12 Pria, 11 Wanita) dan 7 orang Calon Tamtama.

Beberapa tahap seleksi yang masih dilaksanakan antara lain Tes Kesemaptaan Jasmani, Mental Ideologi, Kesehatan-2 dan Sidang Pantukhir Daerah. 
Lanal Banjarmasin menggelar seleksi penerimaan calon Bintara PK gelombang I dan Calon Tamtama gelombang II TA. 2020. (ANTARA/Firman)


Komandan Lanal Banjarmasin Kolonel Laut (P) Sandharianto selaku Ketua Panitia Daerah Penerimaan Calon Prajurit TNI AL wilayah Lanal Banjarmasin mengatakan, tahun ini ada hal yang berbeda, animo meningkat dari tahun sebelumnya dan untuk pertama kalinya Lanal Banjarmasin melaksanakan seleksi Calon Bintara Wanita (Kowal), yang mana sebelumnya dilaksanakan di Lantamal XIII Tarakan dan Lanal Balikpapan. 

"Setiap tes kita laksanakan pengawasan ketat dan transparan, langsung diumumkan hari itu juga sesuai hasil yang diperoleh para peserta, sehingga tidak ada kecurangan karena TNI AL mencari calon-calon Prajurit terbaik dan memiliki kemampuan sesuai kriteria seorang Prajurit Matra Laut. Perlu digaris bawahi, tidak ada pungutan biaya sepeserpun," kata Danlanal.

Pewarta: Firman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020