Pariaman, (Antaranews Kalsel) - Pemerintah Kota Pariaman, Sumatera Barat, diminta para duta wisata berperan optimal untuk mempromosikan potensi pariwisata di kota itu, baik di dalam negeri maupun ke luar negeri.


Wali Kota Pariaman Mukhlis Rahman di Pariaman, Selasa
mengemukakan tugas dan tanggung jawab duta wisata tidaklah ringan. Banyak harapan di pundak mereka, bagaimana mempromosikan dan mengembangkan budaya daerah, khususnya di Kota Pariaman ke depan.

"Duta wisata yang terpilih diharapakan sebagai pelopor memajukan kebudayaan Pariaman," ujarnya.

Cik Uniang dan Cik Ajo yang terpilih sebagai duta wisata, kata dia, harus mampu mempromosikan potensi-potensi pariwisata yang ada agar orang mengetahui dan berkunjung ke Kota Pariaman.

"Dengan promosi yang baik, tentunya pariwisata Kota Pariaman semakin maju ke depannya," ujar Mukhlis Rahaman.

Ia mengatakan kegiatan pemilihan duta wisata dan budaya Cik Uniang dan Cik Ajo Kota Pariaman tahun 2014 diharapkan akan dapat menanamkan kecintaan terhadap seni budaya daerah di kalangan generasi muda, khususnya di kota Pariaman.

"Sehingga pengetahuan dan nilai-nilai budaya yang dimiliki mampu menjadi benteng terhadap tantangan dan pengaruh perubahan-perubahan yang begitu cepat dan kompleks, "katanya.

Ia menjelaskan, sebagai seorang duta pariwisata dan budaya, mereka tentu saja sangat diharapkan mengetahui banyak hal terkait potensi wisata dan budaya Kota Pariaman.

"Mulai dari sejarah, kekayaan tradisi dan budaya, sampai dengan tempat-tempat wisata yang telah menjadi objek yang menarik di Kota Pariman," ungkapnya.

Selain harus memiliki kemampuan dan pengetahuan di bidang pemasaran dan kepariwisataan, tambah Mukhlis Rahman, mereka juga dituntut untuk menguasai bahasa asing, berkepribadian serta memiliki pemahaman agama yang baik serta memiliki wawasan di bidang seni dan budaya daerah./e

Pewarta: Derizon Yazid

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2014