Pelaihari, (Antaranews Kalsel) – Sekitar 100 hektar lahan milik petani padi di Desa Handil Babirik Kecamatan Bumi Makmur Kabupaten Tanah Laut rusak akibat diserang hama wereng coklat.


“Berdasarkan laporan petani di Desa Handil Babirik Kecamatan Bumi Makmur dan ditindaklanjuti ke lapangan, sekitar 100 hektar lahan padi mereka diserang hama wereng coklat,” kata Kepala Seksi Tanaman Pangan Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan Kabupaten Tanah Laut Saidillah SP, di Pelaihari, Rabu (6/8).

Menurutnya, akibat serangan hama wereng coklat terhadap tanaman padi petani tersebut, panen padi di daerah tersebut mengalami penurunan  cukup drastis.

“Panen petani menurun dari 10 blek per borongan menjadi tiga blek per borongan,” ujarnya.

Diutarakan Saidillah, serangan hama wereng coklat tersebut sebenarnya berasal dari lahan padi milik kabupaten tentangga, yakni, Kabupaten Banjar.

“Sebelumnya hama wereng ini tidak terdapat di lahan petani kita, namun karena jarak berdekatan dengan lahan padi petani di kabupaten tentangga yang terserang hama wereng, maka  kita kena dampaknya,” tegasnya.

Lebih lanjut dia mengemukakan, Kabupaten Tanah Laut memiliki luas lahan tanam padi 45.577 hektar yang tersebar di seluruh kecamatan dengan jumlah produksi 5,6 ton per hektar pada tahun 2014./e


Pewarta: Arianto

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2014