Oleh Imam Hanafi

Kotabaru, (Antaranews Kalsel) - Sebanyak 35 calon anggota DPRD Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan, untuk periode 2014-2019 hasil Pemilu Legislatif 9 April akan dilantik pada 26 Agustus 2014.


Sekretaris Dewan Joko Mutiono didampingi Bagian Humas Muhammad Safrian, Selasa, mengatakan sekretariat berkoordinasi dengan instansi terkait untuk persiapan pelantikan anggota dewan baru periode 2014-2019.

"InsyaAllah, pelantikan akan digelar pada 26 Agustus 2014, berbagai persiapan teknis dilakukan diantaranya pendataan tamu yang akan diundang, setting ruang pelantikan dan lain-lain," kata Safrian.

Ditambahkanya, termasuk dalam persiapan yang dilakukan, sekretariat dewan juga telah mengikuti pelatihan dan workshop, yang digelar oleh Asosiasi Sekretariat DPRD kabupaten/kota seluruh Indonesia (Asdeksi).

Safrian menjelaskan, pelaksanaan workshop tersebut memang ditujukan untuk persiapan sekaligus pemantapan peran Sekretariat DPRD dalam penyusunan tata tertib, kode etik dan pembentukan alat kelengkapan DPRD serta mekanisme dan tata cara pengambilan sumpah/janji anggota DPRD masa bakti 2014-2019.

Sesuai dengan peruntukannya, workshop yang dilaksanakan oleh Asdeksi dan diikuti seluruh sekretaris dewan di seluruh Indonesia tersebut, melibatkan tiga bagian yang di lingkungan sekretariat DPRD Kotabaru yakni Bagian Persidangan, Risalah dan Hukum. Bagian Humas dan Bagian Keuangan.

Pelaksanaan workshop nasional yang mengusung materi berkaitan dengan pelatihan, bimbingan teknis, sekaligus praktek dalam rangka persiapan pengambilan sumpah dan janji anggota dewan terpilih, diakui Joni sangat penting dan membantu bagi dia dan jajarannya dalam mempersiapkan acara pelantikan dewan yang sebentar lagi akan dilaksanakan.

Melalui workshop yang kerap digelar, pihaknya mengetahui apa saja yang bisa dan tidak boleh dilakukan dalam mengambil kebijakan dalam menanggapi satu permasalahan di lingkungan sekretariat dewan. Dengan begitu terhindar dari ketidak tepatan dalam mengambil keputusan.

  Sementara itu, hasil Pileg April 2014, Partai Nasional Demokrasi (NasDem), memperoleh enam kursi, PKB tiga kursi, PKS empat kursi, PDIP empat kursi, Golkar empat kursi, Gerindra dua kursi, Demokrat tiga kursi, PAN dua kursi, PPP empat kursi, Hanura dua kursi, PBB satu kursi dan PKPI tidak memproleh kursi.    

Pewarta:

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2014