Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) bekerjasama dengan Perangkat Desa Benawa Tengah, Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) melakukan berbagai aksi sosial guna pencegahan penularan COVID-19.

Kegiatan tersebut merupakan bagian Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) yang dimulai sejak bulan juli hingga sekarang, Senin, (24/8) di Desa setempat.

Koordinator PMM, Muhammad Nashih dengan empat temannya dan didampingi oleh dosen pembimbing Sholahuddin Al-Fatih menyampaikan, kegiatan tersebut merupakan terobosan baru dari Direktorat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (DPPM) kampus guna pengganti kegiatan KKN yang tidak bisa dilaksanakan di masa pandemi.

"PMM sudah berjalan selama tiga minggu sejak bulan Juli 2020 hingga sekarang yang merupakan gelombang ke empat dari Kelompok 42 ini sudah melakukan banyak kegiatan guna pencegahan penularan COVID-19 di Desa Benawa Tengah," katanya.

Mereka membagikan paket sembako dan Jamu penguat daya tahan tubuh kepada warga Desa Benawa Tengah yang kalangannya menengah ke bawah.

Menurut Nashih, hal ini dilakukan sebagai bentuk kepedulian terhadap warga yang terdampak Covid-19.

Pembagian tersebut tidak serta merta dilakukannya sendiri, tetapi juga melibatkan atau bekerja sama dengan pihak kelurahan dan Rukun Tetangga (RT).

"PMM UMM membagikan 100 paket sembako yang berisikan lima liter beras/paket dan beberapa jenis sembako lainnya, seperti gula, teh dan mie instan kepada kalangan menengah kebawah di seluruh wilayah Desa Benawa Tengah," ujar Nashih.

Adapun untuk mekanisme penyaluran bantuannya, yaitu dari kelompok PMM dan bantuan melalui kelurahan, setelah itu dari pihak kelurahan menghubungi RT untuk mengambil bantuan, lalu pihak RT lah yang memberikan kepada warga dari kalangan menengah ke bawah.

"Alhamdulillah, dari semua mekanisme penyaluran sembako berjalan secara kondusif dan tetap menaati peraturan social distancing dan senantiasa menerapkan protokol kesehatan," tukasnya.

Ditambahkannya lagi, tujuan dalam PMM ini yaitu untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan kesehatan dalam menghadapi masa pandemi COVID-19 serta meningkatkan kepedulian terhadap sesama dan mendukung program new normal.

Sebelumnya kelompok PMM ini sudah melakukan penyemprotan disenfektan di beberapa tempat ibadah, berbagi masker dan handsanitizer di Desa Benawa Tengah tersebut.
 
Mahasiswa UMM saat membagikan paket sembako (Antaranews Kalsel/M Taupik Rahman)

Pewarta: M. Taupik Rahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020