Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - Hingga H-5 lebaran Idul Fitri 2014 arus mudik melalui terminal Kilometer Enam Banjarmasin Kalimantan Selatan ke berbagai tujuan masih sepi terbukti dari sekitar 60 bus yang disiapkan untuk mengangkut arus mudik 20 bus belum dimanfaatkan.

Wakil Gubernur Kalsel Rudy Resnawan dalam kunjungan ke terminal Kilometer Enam Banjarmasin, bersama Muspida Kalsel, Kamis mengatakan, hampir seluruh penumpang ke berbagai tujuan hingga kini masih terlayani dengan baik.

"Dari penjelasan perusahaan angkutan umum, untuk penumpang arus mudik antar provinsi hingga kini masih relatif aman, belum terjadi lonjakan berarti," katanya.

Dari jumlah armada yanga disiapkan perusahaan, khsusus untuk arus mudik, yaitu 60 bus, masih dimanfaatkan 40 bus, artinya 20 bus masih belum dimanfaatkan untuk mengangkut penumpang.

Diprediksi, arus mudik baru akan mulai terjadi peningkatan pada H-4 hingga H-2 lebaran, selaian karena pada saat itu merupakan akhir pekan, juga mulai diberlakukannya cuti bersama PNS dan juga karyawan swasta.

Selain 60 bus tersebut, juga disiapkan lima bus cadangan, untuk mengantisipasi terjadinya lonjakan penumpang pada menjelang lebaran.

"Insya Allah seluruh penumpang akan terlayani dengan baik, tidak akan ada yang terlantar, apalagi saat ini banyak bus yang baru, sehingga perjalanan mudik akan jauh lebih nyaman," kata Wagub.

Arus mudik dari terminal kilometer enam, biasanya dipadati oleh warga dari Kalimantan Tengah tujuan, Kabupaten Kotabaru, Tanah Bumbu dan Banua Enam.

Biasanya, banyak warga dari beberapa daerah tersebut yang bekerja di Kalimantan Tengah, yaitu disektor perkebunan yang mudik ke daerah masing-masing.

Selain itu, tidak sedikit juga pemudik tujuan Kalimantan Timur, yang juga pulang dengan memanfaatkan bus antar provinsi.

Hanya saja, dibanding tahun-tahun sebelumnya, penumpang ke Kalimantan Timur yang menggunakan bus berkurang, dengan adanya maskapai penerbangan dari Banjarmasin tujuan Balikpapan dengan harga tiket yang relatif terjangkau.

Wagub berharap, seluruh sopir selalu menjaga kesehatan, sehingga perjalanan ke berbagai tujuan bisa berjalan dengan baik, sehingga kecelakaan akibat mengantuk ataupun kelalaian bisa dihindari.

Begitu juga dengan pengusaha armada, diharapkan memperbaiki seluruh armada angkutan, sesuai dengan ketentuan dan laik jalan, sehingga keamanan dan keselamatan penumpang akan lebih terjaga, mengingat intensitas angkutan akan lebih padat dibanding hari biasanya.

Kedatangan Wagub ke terminal kilometer enam dan ke Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin, mendapatkan sambutan antusias dari masyarakat, yang mengaku mendapatkan perhatian lebih dari pemerintah.

Mereka berharap, fasilitas dan pelayanan angkutan, baik itu armada dan jalan, terus ditingakatkan, sehingga perjalanan mudik akan jauh lebih nyaman.

Pewarta: Ulul Maskuriah

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2014