Banjarbaru, (Antaranews Kalsel) - Calon presiden dan wakil presiden Prabowo Subianto-Hatta Rajasa unggul 507 suara dibanding pasangan Joko Widodo-Jusuf Kalla dalam perolehan suara Pemilihan Umum Presiden 9 Juli 2014.


Perolehan suara dua pasang capres dan cawapres ditetapkan Komisi Pemilihan Umum Kota Banjarbaru melalui rapat pleno rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara pilpres tingkat Kota Banjarbaru, Rabu malam.

"Rapat pleno menetapkan pasangan Prabowo Hatta meraih 53,698 suara dan Jokowo-JK 53.191 suara," ujar Ketua KPU Kota Banjarbaru, Husein Abdurrahman usai rapat pleno di sebuah hotel di Banjarbaru.

Ia mengatakan, kemenangan pasangan nomor urut satu hanya berbeda tipis yakni 50,24 persen dibanding nomor urut dua dengan 49,76 suara atau hanya berbeda 507 suara dari surat suara sah hasil pilpres.

Menurut dia, rekapitulasi suara pilpres tingkat kota itu segera disampaikan ke KPU Kalsel selanjutnya disampaikan ke KPU pusat yang akan melakukan rekapitulasi tingkat nasional 22 Juli 2014.

"Rapat pleno rekapitulasi tingkat kota berjalan lancar tanpa hambatan maupun keberatan dari saksi partai pengusung pasangan capres dan cawapres sehingga hasilnya segera dilaporkan ke KPU Kalsel," ungkapnya.

Sementara itu, hasil rekapitulasi perolehan suara di tingkat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), pasangan Prabowo-Hatta unggul pada dua kecamatan yakni Kecamatan Banjarbaru Utara dan Banjarbaru Selatan.

Perolehan suara Prabowo-Hatta di Kecamatan Banjarbaru Utara 13.266 suara dan Jokowi-JK mengumpulkan 10.850 suara, dan di Kecamatan Banjarbaru Selatan, Prabowo-Hatta meraih 11.819 suara dan Jokowi-JK 10.989 suara.

Pasangan Jokowi-JK unggul pada tiga kecamatan dengan keunggulan relatif sedikit sehingga tidak bisa lebih mendongkrak perolehan suara pasangan yang diusung PDI-P dan tiga partai lainnya.

Di Kecamatan Cempaka Jokowi mengumpulkan 7.468 suara dan Prabowo 7.260 suara, Kecamatan Landasan Ulin Prabowo 14.219 suara dan Jokowi 14.957 dan Kecamatan Liang Anggang Prabowo 7.174 dan Jokowi./e   

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2014