Wakil Bupati (Wabup) HST Berry Nahdian Forqan ikuti test swab yang dilaksanakan oleh salah satu BUMN yang ada di kota Barabai, Sabtu.

Menurut Wabup, selain 661 specimens tes swab yang diadakan Pemkab, salah satu BUMN juga turut serta program swab massal yakni sebanyak 427 specimens.

Sasaran test swab massal adalah dengan  kriteria kontak erat kasus konfirmasi yang belum diswab, orang yang memenuhi kriteria suspek dan belum diswab, orang atau penduduk yang memenuhi kriteria probable dan belum diswab serta kelompok khusus yang berisiko seperti PNS, Lapas, dan Panti.

Berry menyebutkan, kegiatan test swab di lingkungan Pemkab HST ini dilakukan guna mengetahui penyebaran COVID-19, hal ini menyusul terus bertambahnya jumlah kasus warga yang terkonfirmasi di HST dalam beberapa hari terakhir ini.

"Ya, hari ini kita lakukan test swab masal bagi para  tenaga medis, Instansi dan masyarakat umum, Saya pun sama, ikut menjalani test swab juga," ujar Berry.

Dikatakannya, selain untuk memastikan tingkat penyebaran COVID-19 dan sebagai upaya pencegahan, tes swab massal tersebut juga sebagai tindak lanjut dari perintah Mendagri.

Pelaksanaan test swab massal akan dilakukan secara masif bukan hanya di lingkungan birokrasi akan tetapi juga di institusi lainnya seperti TNI, Polri, pondok pesantren, serta tempat-tempat keramaian seperti pasar tradisional.

Pewarta: M. Taupik Rahman

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020