Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) bekerjasama dengan Perangkat Desa Benawa Tengah, Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), Provinsi Kalsel melakukan berbagai aksi sosial guna pencegahan penularan COVID-19.

Kegiatan tersebut merupakan bagian Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) yang dimulai sejak Rabu, (5/8) di Desa setempat.

Koordinator PMM, Muhammad Nashih dengan empat temannya dan didampingi oleh dosen pembimbing Sholahuddin Al-Fatih menyampaikan, kegiatan tersebut merupakan terobosan baru dari Direktorat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (DPPM) kampus guna pengganti kegiatan KKN yang tidak bisa dilaksanakan di masa pandemi.

"PMM ini sudah berjalan selama satu minggu sejak Senin (27/7) dan gelombang 4 Kelompok 42 ini sudah melakukan banyak kegiatan guna pencegahan penularan COVID-19 di Desa Benawa Tengah," katanya.

Seperti penyemprotan disenfektan bersama perangkat desa dan membantu memasangkan umbul-umbul 17 an di desa tersebut.
 
Kegiatan PMM oleh mahasiswa UMM di Desa Benawa Tengah, Kabupaten HST, Kalsel (Antaranews Kalsel/M Taupik Rahman)

Menurutnya, terdapat beberapa kegiatan yang akan dilakukan lainnya lagi seperti pembagian brosur protokol kesehatan, pembagian bantuan makanan/sembako kepada masyarakat menengah ke bawah.

"Alhamdulillah, kegiatan PMM berjalan secara kondusif dan tetap menaati peraturan social distancing dan senantiasa menerapkan protokol kesehatan," tukasnya.

Ditambahkannya lagi, tujuan dalam PMM ini yaitu untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan kesehatan dalam menghadapi masa pandemi COVID-19 serta meningkatkan kepedulian terhadap sesama dan mendukung program new normal.

"Kegiatan tersebut sangat bagus dilaksanakan, agar melatih mahasiswa untuk langsung turun ke masyarakat," ujar Pembakal Desa Benawa Tengah, Hidayatullah.
 
Kegiatan PMM oleh mahasiswa UMM dengan membantu penyemprotan disinfektan di Desa Benawa Tengah, Kabupaten HST, Kalsel (Antaranews Kalsel/M Taupik Rahman)

Pewarta: M. Taupik Rahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020