Amuntai,  (Antaranews Kalsel) - Sebanyak lima desa di Kabupaten Hulu Sungai Utara, Kalimantan Selatan, mendapat kucuran dana dari pusat sebesar Rp1,1 miliar.


Dana tersebut akan digunakan untuk meningkatkan pemenuhan air minum dan sanitasi yang berkelanjutan, dalam rangka meningkatkan hidup bersih dan sehat masyarakat.

Koordinator Program Pamsimas Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU), Muhammad Mudzakkir di Amuntai, Selasa, mengatakan, ke lima desa yang mendapat kucuran dana, yakni Desa Panangkalaan Hilir, dan Desa Pandawanan Kecamatan Amuntai Utara, Desa Telaga Silaba, dan Desa Simpang Empat Kecamatan Amuntai Selatan, serta Desa Beringin Kecamatan Banjang.

Dia mengatakan, sebelum mendapatkan dana program Pamsimas tahap kedua, ke lima desa sebelumnya telah mengajukan proposal kepada tim Pamsimas melalui Dinas Pekerjaan Umum.

Selain lima desa, terdapat sebanyak 15 desa di Kabupaten Hulu Sungai Utara yang mendapatkan kucuran dana program yang sama, namun dibiayai melalui dana APBD Hulu Sungai Utara sendiri dengan total senilai Rp618,5 juta.

Sebanyak 15 desa yang mendapat dana sharing dari APBD ini yakni Desa Murung Padang, Sungai Tabukan, Banyu Tajun Dalam, Teluk Mesjid, Muara Baruh, Murung Kupang, Sungai Luang, Pulantani, Banyu Hirang dan Desa Danau Panggang.

Kasubid Infrastruktur dan Tata Ruang Bappeda HSU, HM Haridi, melalui siaran pers pemerintah daerah setempat, berharap desa-desa yang mendapat program pamsimas ini dapat melaksanakan program dengan sebaik-baiknya guna meningkatkan akses air minum dan sanitasi yang berkelanjutan.

  "Gunakan program bantuan ini untuk meningkatkan pola hidup bersih dan sehat di tengah masyarakat," ucapnya./e   

Pewarta: Eddy Abdillah

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2014