DPRD Kalimantan Selatan (Kalsel) dalam hal ini Komisi III Bidang Pembangunan dan Infrastruktur, serta membidangi perhubungan mencari tahu infrastruktur daerah perbatasan dengan provinsi tetangga, Kalimantan Timur (Kaltim).

"Kita perlu mancari tahu infrastruktur perbatasan tersebut," ujar Ketua Komisi III DPRD Kalsel H Sahrujani seperti dikutip staf Subbag Kehumasan Sekretariat Dewan (Setwan) provinsi itu, M Ricky Herald sekembali menyertai kunjungan di Banjarmasin, Rabu.

"Apalagi dalam kaitan Kalsel nanti sebagai gerbang Ibu Kota Negara (IKN) Republik Indonesia yang baru, sehingga perlu mengetahui infrastruktur perbatasan tersebut," kutip staf Juru Bicara (Jubir) Setwan provinsi itu.

Pada kesempatan kunjungan kerja (Kunker) ke luar daerah, 6 - 8 Juli 2020, Komisi III DPRD Kalsel meninjau perbatasan dengan Kaltim di wilayah timur provinsinya tersebut.

Sahrujani, politikus senior Partai Golkar tersebut menjelaskan, status jalan perbatasan Kalsel - Kaltim itu ada jalan nasional/jalan negara dan jalan kabupaten.

"Karenanya penting untuk mendapatkan perhatian. Karena itu pula dalam Kunker ke perbatasan tersebut mengajak Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kalsel," tegas Sahrujani.

Dalam Kunker tersebut, Komisi III DPRD Kalsel meninjau jalan serta tapal batas dengan Kaltim yaitu di Desa Sengayam (sekitar 400 kilometer timur laut Banjarmasin) Kecamatan Pamukaan Barat Kabupaten Kotabaru, Kalsel Selasa (07/07).

Selain itu, guna menyamakan pandangan dan kesepahaman, rombongan Komisi III DPRD Kalsel menyambangi kantor Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Kabupaten Pasir, Kaltim untuk melakukan diskusi atau tukar pendapat.

"Karena hal itu terkait pembangunan yang melibatkan antardua wilayah bertetangga, sehingga penting untuk saling menyamakan pandangan.” demikian Sahrujani.
Berfoto bersama di tapal batas Kalsel dan Kaltim pada 7 Juli 2020. Ketua Komisi III DPRD Kalsel H Sahrujani (di tengah baju putih). (Istimewa/Humas Setwan Kalsel.)

Sebelumnya Komisi III DPRD Kalsel mengunjungi perbatasan dengan Kaltim pada poros tengah/utara yaitu antara Kabupaten Tabalong dengan Kabupaten Pasir, ujar Ricky.
 

Pewarta: Syamsuddin Hasan

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020