Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - Dinas Pemuda, Olahraga, Budaya, dan Pariwsata (Disporbudpar) Kalsel akan menggelar Festival Drum Band dan Marching band Tingkat Pelajar se-Kalsel pada 16-18 Mei 2014 di Banjarmasin yang memperebutkan hadiah total Rp 111 juta.


“Hadiah ini bersumber dari dana APBD,” ujar Kasi Organisasi Kemasyarakatan Bidang Keolahragaan Disporbudpar Kalsel Roy Wishnu Purnama kepada Antara, Selasa.

Menurutnya, festival yang diselenggarakan di tahun ke-2 ini, dipastikan akan berlangsung meriah, karena seluruh kabupaten/kota diminta mengirimkan kontingennya.

“Sudah kita kirim surat pemberitahuan kepada semua pemerintah daerah, moga mereka ikut berpartisipasi memeriahkan acara festival ini,” harapnya.

Sebab, paparnya, Pemprov sudah cukup besar menganggarkan dana untuk hadiah festival ini, yakni, total Rp 111 juta.

Dengan harapan memotivasi keikut sertaan para pelajar untuk menunjukkan bakat mereka dalam bermain drum band dan marching band.

“Festival ini memperebutkan juga piala bergilir gubernur,” katanya.

Untuk gelar festival ini, terangnya, dibagi empat katagori atau klasemen, yakni, tingkat TK, SD, SMP, dan SMA.

“Jadi setiap daerah hanya dibolehkan mengikutkan satu-satu grup disetiap klasemen dan batas akhir pendaftaran 1 Mei ini,” tekannya.

Pihaknya menargetkan, pada festival ini diikuti 57 grop drum band juga marching band, dengan hitungan 13 kabupaten/kota memenuhi kuota masing-masing katagori mengirimkan kontingennya.

“Sebab ada tambahan lima grup yang memiliki kartu emas istilah kita atau grup juara bertahan tahun sebelumnya,” papar Roy.

Menurutnya, tahun lalu yang menjadi pemenang festival ini adalah Banjarmasin dengan  tiga grup dan Kabupaten Banjar dua grup.

“Kita harapkan tahun ini muncul lagi anak-anak drum band dan marching band yang berbakat,” pungkas Roy.

Pewarta: Sukarli

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2014