Oleh Yose Rizal

Martapura,  (Antaranews Kalsel) - Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, melakukan seleksi atlet untuk delapan cabang olahraga yang diprediksi mampu berprestasi dalam Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) Banjar 2014.

"Fokus seleksi ini untuk mempersiapkan pelajar mengikuti Popda, disamping menjaring atlet potensial yang bisa dibina dan dilatih menjadi atlet berprestasi sesuai cabang olahraga yang dikuasainya," ujar Kepala Bidang Olahraga Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Banjar Kun Nasrullah di Martapura, Kalsel, Kamis.

Ia mengatakan, seleksi yang diikuti seluruh pelajar di Kabupaten Banjar dilaksanakan sejak Rabu (5/3) hingga sepekan ke depan dengan dua cabang olahraga yang didahulukan yakni bola basket dan bulu tangkis.

Disebutkannya, seleksi atlet cabang basket dilaksanakan di Lapangan Basket Barakat Martapura, dan cabang bulu tangkis bertempat di Gedung Bulu Tangkis Fasha Rindang Banua, Sungai Sipai Kota Martapura.

"Meski pun hanya seleksi, tetapi antusias dan semangat pelajar untuk mengikutinya tinggi. Bahkan mereka serius bertanding dan memperlihatkan kemampuan dengan harapan masuk tim Popda Banjar," ungkapnya.

Menurut dia, pelaksanaan seleksi sempat mengalami penundaan karena beberapa sekolah masih melaksanakan Ujian Akhir Sekolah (UAS), tetapi seleksi tetap berjalan lancar tanpa hambatan.

"Harapan kami, melalui seleksi yang diikuti pelajar ini mampu menjaring atlet-atlet potensial sehingga bisa dilatih dan dipersiapkan menjadi atlet berprestasi baik lokal, nasional hingga internasional," ujarnya.

Kasi Pembinaan Olahraga Prestasi, Sarana Prasarana dan Peningkatan SDM Subakit menambahkan, Kabupaten Banjar akan diikuti delapan cabang olahraga pada Popda yang digelar bulan Mei 2014.

Ia menyebutkan, delapan cabang olahraga tersebut adalah pencak silat, bulu tangkis, sepak takraw, basket, tenis lapangan, sepak bola, tenis Meja dan Voli yang seleksi atletnya diselenggarakan di tempat yang berbeda.

"Ada tiga cabang olahraga unggulan dan diharapkan bisa menjadi lumbung medali bagi tim Popda Banjar yakni Pencak Silat, Bulu Tangkis dan Sepak Takraw sekaligus diharapkan menaikkan peringkat," katanya.

Pewarta:

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2014