PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Cabang Batulicin Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan akan merevitalisasi atau memperbaiki pelabuhan dengan biaya sebesar Rp0,8 miliar.

"Dermaga yang diperbaiki adalah dermaga rute Batulicin-Garongkong Makassar Sulawesi Selatan," kata Kepala PT ASDP Cabang Batulicin Sugeng Purwono, di Tanah Bumbu, Selasa.

Ia menjelaskan, kondisi dermaga kapal rute Batulicin-Garonggong saat ini sangat memprihatinkan, bahkan beberapa hari lalu mengalami insiden tergulingnya truk saat bongkar muat penumpang.

"Parahnya, truk pengangkut bawang merah terbalik akibat kondisi dermaga yang semakin rusak," katanya.

Sugeng memastikan pihak manajemen ASDP tidak mengoperasikan dermaga tersebut selama dua minggu agar jumlah korban tidak bertambah.

Kapal pada rute tersebut akan dialihkan ke dermaga darurat yang letaknya tidak jauh dengan dermaga sebelumnya sehingga pelayanan pelayaran kapal tetap bisa melayani penumpang.

Namun jadwal keberangkatan kapal yang melayani rute Batulicin-Garonggong dan sebaliknya, akan dimajukan dari jadwal normal, biasanya berangkat dari Batulicin ke Garonggong pada pukul 08.00 WITA menjadi pukul 04.00 WITA.

"Perbaikan dermaga tersebut diperkirakan akan rampung selama dua pekan, dan kami pastikan pelayanan penumpang yang membawa logistik tetap stabil hingga beberapa bulan kedepan," kata Sugeng.

Pewarta: Sujud mariono

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020