Oleh Hasan Zainuddin

Banjarmasin , (Antaranews Kalsel) - Pemerintah Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, bertekad menuntaskan perbaikan jalan poros desa di wilayah tersebut, sebagai tindakan untuk meningkatkan perekonomian di pedesaan.

Bupati Banjar Sultan H Khairul Saleh di Martapura ibukota Kabupaten Banjar, Kamis menuturkan ia bertekad untuk menuntaskan perbaikan badan jalan poros desa hingga menjelang masa jabatannya berakhir tahun 2015.

"Alhamdulillah melihat kondisi di lapangan, sudah 70 persen jalan poros desa menuju akses ke perkotaan berhasil dirampungkan, karena itu saya bertekad akan merampungkan hingga berakhir masa jabatan sebagai Bupati," ucap Sultan H Khairul Saleh, saat berdiskusi dengan wartawan.

Dikatakan Bupati Banjar, peningkatan kualitas jalan poros desa merupakan program prioritas pemerintah daerah, sebab sarana jalan merupakan fasilitas vital bagi pertumbuhan ekonomi daerah, terutama upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat desa.

Khairul Saleh mengatakan, pemerintah daerah akan mengejar sisa ruas jalan poros yang masih belum terkoneksi.

Caranya dengan memberikan porsi anggaran besar bagi pembangunan sarana infrastruktur terutama jalan desa.

"Sebagai bentuk komitmen pemerintah daerah terhadap aspek penting bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat di bidang pembangunan sarana jalan, saat ini anggaran pembangunan jalan terus mengalami kenaikan hingga enam ratus persen," terangnya.

Khairul Saleh menambahkan, ruas jalan desa di Kabupaten Banjar sangat luas. Sementara anggaran daerah untuk perbaikan badan jalan terbatas harus berbagi dengan sektor pembangunan penting lain untuk masyarakat.

"Dinas Bina Marga saat ini terus merampungkan sisa jalan poros desa yang belum tergarap melalui skala prioritas. Kami pemerintah daerah akan tetap bekerja keras memaksimalkan penerimaan daerah, agar anggaran untuk perbaikan jalan terus bisa ditingkatkan," ucap Bupati Khairul Saleh.

Pewarta:

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2014