Ketua Tim Penggerak PKK Barito Kuala (Batola), Kalimantan Selatan  Hj Saraswati Dwi Putranti Rahmadian Noor beserta pengurus membagi-bagikan masker kepada para pedagang ikan di Pasar Wangkang, Marabahan, Senin (13/4). 

Selain masker, PKK Batola juga memberikan sarung tangan serta sabun untuk cuci tangan dan  di setiap pintu masuk pasar juga disediakan sarana tempat cuci tangan.

“Sarana ini kita sediakan untuk memudahkan para pedagang mencuci tangan dalam upaya menjaga kebersihan,” papar Ketua PKK Batola itu. 

Isteri Wakil Bupati Batola H Rahmadian Noor itu menerangkan, pembagian masker, sarung tangan, sabun hingga tempat cuci tangan dilakukan sebagai upaya membantu pemerintah dalam penanganan penyebaran COVID-19 di Batola. 

“Seperti kita ketahui di Kabupaten Barito Kuala sudah terdapat beberapa warga yang terjangkit virus corona. Kita harus putuskan mata rantai penyebaran dengan selalu menjaga kebersihan serta menggunakan masker,” kata Ketua TP-PKK yang akrap disapa ibu Saras itu. 

Terlebih bagi pedagang yang keberadaannya banyak berinteraksi dengan masyarakat, menurut dia,  tentunya harus berupaya menghindarkan kemungkinan terjadinya penyebaran. 

Usai membagi-bagikan masker, sabun dan sarung tangan di Pasar Ikan Wangkang, Ketua Tim Penggerak PKK Batola beserta pengurus juga menggelar aksi sosial lainnya dengan membagi-bagikan 100 paket sembako secara simbolis kepada para lansia di kawasan Kelurahan Ulu Benteng.

Saras menerangkan, pembagian itu dilaksanakan sebagai pengganti kegiatan pasar murah yang digelar setiap tibanya bulan suci Ramadhan. 

“Karena pada Ramadhan 1442 H ini kemungkian dalam situasi mewabahnya virus corona,  sehingga kemungkinan Pasar Murah itu tidak dilaksanakan untuk menghindari kerumunan massa. Sebagai gantinya pembagiannya langsung ke rumah-rumah,” pungkasnya.

Kepada seluruh lapisan masyarakat, dia  menyarankan,  untuk senantiasa menjaga kebersihan dengan cara mencuci tangan setiap usai melakukan kegiatan. 

Saras juga menganjurkan,  masyarakat untuk mengonsumsi makanan bergizi dan berolahraga teratur serta menghindari keramaian.
Ketua Tim Penggerak PKK Barito Kuala ( Batola) Hj Saraswati Dwi Putranti Rahmadian Noor beserta pengurus membagi-bagikan masker kepada para pedagang ikan di Pasar Wangkang, Marabahan, Senin (13/4).Foto:Antaranews Kalsel/Humas Batola.

Pewarta: Arianto

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020