Oleh Imam Hanafi

Kotabaru,  (Antaranews.Kalsel) - Ketua Lembaga Penelitian Universitas Lambung Mangkurat (Lemlit Unlam) Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Dr Akhmad Ali Bahri menyatakan, Kabupaten Kotabaru, layak mendirikan Universitas Saijaan (Unisa) guna menghadapi era globalisasi.

"Keberadaan Unisa akan membantu Indonesia dalam menyiapkan sumber daya manusia yang profesional di bidangnya dalam menyongsong era globalisasi," kata Bahri, dalam ekspos studi kelayakan Unisa di hadapan Bupati Kotabaru H Irhami Ridjani dan kepala satuan kerja Perangkat Daerah (SKPD) di Kotabaru, Senin.

Dalam menyongsong era perdagangan bebas, di mana tidak ada batasan barang dan jasa masuk dari luar negeri untuk dijual bebas di negeri ini, begitu juga siapa yang unggul, dan berkualitas ia yang akan mendapatkan kesempatan.

Agar bisa memiliki daya saing yang kuat, diperlukan sumber daya manusia yang selalu berinovasi dan profesional, dalam menghadapi era globalisasi tersebut.

Pertumbuhan investasi di Kotabaru lebih dari 300 persen, menunjukkan terbukanya lapangan kerja yang semakin lebar, menjadi salah satu alasan Kotabaru harus menyiapkan sumber daya manusia yang ahli dan profesional di bidangnya.

Letak geografis Kotabaru yang berada di wilayah Kalimantan bagian tenggara, di mana ada Kabupaten Tanah Bumbu, Kabupaten Paser, dan Paser Utara, menjadikan Kotabaru strategis mendirikan perguruan tinggi Unisa.

Bahri menegaskan, potensi lulusan SMA di Kotabaru yang mencapai rata-rata 2.200 per tahun, ditambah dengan lulusan SMA, Tanah Bumbu, Paser dan Paser Utara, menjadi peluang melanjutkan pendidikan di Unisa.

Unisa, kata Ketua Lemlit Unlam, rencananya akan dibuka dengan tujuh fakultas dengan 14 program pendidikan.

"Universitas juga menjadi salah satu syarat dibentuknya provinsi baru, tidak ada provinsi jika tidak ada universitas," tambah anggota Lemlit Dr Rijali Hamdi.

Hal itu disampaikan mantan Wakil Bupati Kotabaru periode 2000-2005 tersebut, menyikapi wacana dibentuknya Provinsi Kalimantan Tenggara pemekaran dari Provinsi Kalimantan Selatan.

Bupati Kotabaru H Irhami Ridjani menambahkan, rencananya, Unisa akan dibangun di lahan sekitar 20 hektare di komplek perguruan tinggi di belakang Politeknik Kotabaru.

Pewarta:

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2014