Oleh Hasan Zainuddin

Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kalimantan Selatan, melalui bidang Cipta Karya akan membenahi Museum Wasaka pada tahun anggaran 2014 ini, terutama membenahi bagian ornamen yang roboh akibat tertiup angin kencang beberapa hari lalu.


Kepala Penataan Bangunan dan Lingkungan Dinas PU Propinsi Kalsel Noor Efrani kepada wartawan di Banjarmasin, Sabtu, membenarkan rencana pembenahan Museum yang berada di sekitar Banua Anyar tersebut.

Dijelaskan, perbaikan Museum Wasaka belum dianggarkan tetapi karena ini musibah dan faktor alam sehingga pihaknya sudah melaporkan aset budaya ini ke pemerintah pusat.

"Kita melakukan perbaikan tidak banyak biayanya, hanya perbaikan ornamen Banjar yang selama ini terpasang dengan baik dan kini rusak maka membutuhkan segera perbaikan,"katanya.

Bagian yang rusak adalah ornamen di atap dermaga Museum Wasaka yang memang terletak di tepian Sungai Martapura.

Berdasarkan catatan museum Wasaka adalah sebuah museum perjuangan rakyat Kalimantan Selatan.

Wasaka singkatan dari "Waja Sampai Ka Puting" yang merupakan motto perjuangan rakyat Kalimantan Selatan.

Museum ini bertempat pada sebuah bangunan rumah adat Banjar "Bubungan Tinggi" yang telah dialih fungsikan dari hunian menjadi museum sebagai upaya konservasi bangunan tradisional.

Lokasi museum terletak di Gang Haji Andir, Kampung Kenanga Ulu, Kelurahan Sungai Jingah, Kecamatan Banjarmasin Utara, Kota Banjarmasin.

  Lokasi ini menjadi objek wisata dan mudah dijangkau baik melalui jalan darat maupun melalui jalur sungai Martapura.    

Pewarta:

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2014