Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) melalui Dinas Penanaman Modal PTSP dan Tenaga Kerja menggelar pelatihan bagi pencari kerja jurusan Bengkel sepeda motor, Menjahit dan Las, yang dibuka secara resmi oleh Bupati Bupati HST A Chairansyah melalui Staf Ahli Bidang ekonomi dan Pembangunan, Zainuddin di Balai Pelatihan Kerja (BLK) Dinas setempat, Kamis (5/3).

Kepala Dinas Penanaman Modal, PTSP dan Tenaga Kerja HST, H Jamhasari melaporkan, kegiatan pelatihan ini bertujuan untuk memberikan bekal keterampilan kerja dan keahlian serta menyiapkan tenaga kerja siap pakai yang mampu bersaing di era globalisasi.

"Pelatihan terdiri 3 paket pelatihan yaitu bengkel sepeda motor, menjahit dan las. Pelatihan keterampilan ini diikuti oleh 60 peserta yang terdiri dari masing-masing jurusan sebanyak 20 orang dan dilaksanakan selama 24 hari dari tanggal 5 Maret s/d  2 April 2020," tambahnya.

Sementara itu, Bupati melalui Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Pembangunan Zainuddin menyampaikan dengan adanya program Nasional pengentasan kemiskinan dan pengurangan pengangguran. Pemerintah daerah dengan daya upaya memberikan pelatihan ketrampilan kerja sehingga kewirausahaan di daerah ini dapat terus berkembang .

Disamping itu pula peningkatan daya saing ketenagakerjaan dapat dilakukan melalui peningkatan program pelatihan tenaga kerja yang dilakukan secara terstruktur, sistematis dan profesional menghasilkan output tenaga kerja yang kompeten.

Dia juga sangat mengapresiasi kegiatan pelatihan ini, yang akan dilaksanakan selama 24 hari ke depan .

"Saya sangat berterima kasih pula kepada pihak penyelenggara pelatih dari latihan kerja provinsi dan LPK " Kurnia " yang bersedia membagikan ilmu dan keterampilan dalam bidang perbengkelan sepeda motor, las dan menjahit," katanya.

Beliau berpesan kepada seluruh peserta agar dapat mengikuti pelatihan ini secara serius dan sungguh - sungguh dan berharap agar para peserta bisa mengembangkan dan menerapkan ilmu yang diperoleh sehingga tercipta tenaga kerja baru yang memiliki keterampilan guna mensejahterakan keluarga bahkan masyarakat.

Pewarta: M. Taupik Rahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020