Martapura, (Antaranews.Kalsel) - Usaha tak kenal lelah yang dilakukan kontingen Bola Basket Kotabaru membuahkan hasil,  setelah tim putri yang dipimpin Putri Yulinda Cahyani berhasil manyabet emas usai menekuk Banjarmasin dengan skor 66-31, hal yang sama diraih tim basket putra berhasil menggilas Banjarmasin dengan skor 64-63, Kamis (19/12) di Lapangan Basket Barakat Martapura.

Luapan haru kegembiraan menyelimuti seluruh pemain, official, supporter asal Kotabaru bahkan tak terkecuali Bupati Kotabaru H Irhami Ridjani didampingi Ketua Kontingen Zainal Arifin, Ketua Perbasi Kotabaru H Saiduddin dan Ketua Koni Kotabaru Harriyoso yang sengaja turut menyaksikan jalannya laga final basket.

Bupati yang sengaja datang hanya memberikan dukungan dalam pertandingan tersebut mengaku sangat gembira atas pencapaian tim basket Kotabaru demikian juga dengan tim cabang olah raga lainnya dari kontingen Kabupaten Kotabaru. Untuk itu memberikan motivasi apresiasi atas prestasi para atelit, pemerintah daerah akan memberikan bonus yang besaranya masih dalam rumusan bersama DPRD.

Hal senada ditegaskan Ketua Perbasi Kotabaru H Saiduddin, bonus yang akan diberikan kepada atelit peraih medali kali ini akan mengalami peningkatan yakni Rp15 juta untuk emas, Rp 6 juta untuk perak dan Rp2,5 juta untuk perunggu. Jumlah tersebut lebih tinggi dari bonus yang diberikan pada Porprov 2010 yakni Rp10 juta untuk emas, Rp5 juta untuk perak dan Rp 2 juta untuk perunggu.

“Namun jumlah tersebut kami usulkan ditambah khususnya bagi cabang olah raga dengan tim. Masa, kalau emas dari atelit perorangan sama dengan tim seperti basket yang atelitnya lebih dari lima. Tentunya tidak adil, untuk itu kita akan usulkan untuk ditambah bagi medali tim,” ujar Saiduddin.

Bahkan lanjutnya, khusus kontingen basket akan ada bonus tambahan dari Perbasi yang kemungkinan jumlahnya lebih banyak dari bonus yang ada. Hal itu dimaksudkan agar memotivasi atelit untuk terus semangat berlatih. “Bonus bagi atelit sangat wajar karena mereka sudah mengharumkan nama baik daerah,” tambah Saiduddin.

Pada kesempatan yang sama, pelatih basket Kotabaru Safruddin mengaku bangga atas pencapaian anak asuhnya. Latihan serius yang diterapkan selama ini tidak sia-sia dan membuahkan hasil dengan mengharumkan nama baik daerah.

“Meski demikian tidak hanya sampai di sini, kami mengingatkan kepada para atelit agar tidak cepat puas, tapi hendaknya tarus memaksimalkan kemampuan dengan latihan dan sering uji coba,” ucap Punding panggilan akrabnya.

Sementara pantauan di lapangan, perolehan medali kontingen Kotabaru perlahan tapi pasti mengalami peningkatan hingga pukul 19.00 Wita tercatat 20 emas, 26 perak dan 26 perunggu. Medali teranyar disumbangkan dari cabang basket putra setelah menekuk Banjarmasin dengan skor tipis 64-63.**

Pewarta: imam hanafi

Editor : Abdul Hakim Muhiddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2013