Wakil Bupati Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, H. Ready Kambo bersama Kementerian Ketenagakerjaan Republik (Kemnaker) untuk membahas rencana pembentukan Balai Latihan Kerja (BLK) di kota yang berjuluk "Bumi Bersujud".

"Dalam pembahasan ini agar lebih singkron maka kami juga melibatkan anggota Legislatif Tanah Bumbu dan Pejabat terkait," kata Wakil Bupati, di Batulicin, Rabu.

Dia menjelaskana, selain membahas yang berkaitan tentang gedung BLK, pemda juga mengusulkan sarana dan prasarana UPTD BLK, usulan program pelatihan di tempat tersebut hingga program pemagangan bagi putra putri Tanah Bumbu ke negara Jepang kepada Kemnaker RI.

Sementara itu, Kepala Bidang Pelatihan Penempatan dan Perluasan Tenaga Kerja pada Disnakertrankop UM Tanah Bumbu, Syaikul Ansari menyampaikan bahwa semua usulan disipakna sebelumnya sudah disampaikan kepada pihak Kemenaker RI dalam pertemuan tersebut.

"Alhamdulillah pihak Kemnaker menyambut baik keberadaan BLK di Kabupaten Tanah Bumbu," ujarnya.

Diungkapkan, Kemnaker sangat siap dan mendukung dalam pembinaan maupun alokasi dana APBN, baik melalui program pelatihan hingga sarana peralatan serta peningkatan kompetensi pengelola dan instruktur melalui bimtek atau diklat.

"Keberadaan UPTD BLK di Bumi Bersujud sangat penting dan akan menjadi wadah bagi masyarakat untuk dilatih kemampuan dan keterampilannya dalam berbagai keahlian," ujarnya.

Pembekalan yang diberikan kepada masyarakat melalui berbagai program di BLK tentu akan semakin meningkatkan kompetensi masyarakat guna meningkatkan perekonomian dengan tujuan mampu meningkatkan kesejahteraan keluarga.

Pewarta: Sujud Mariono

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020