Pelaksanaan tes Calon Pegawai Negeri Sipil atau Tes CPNS tinggal tersisa satu hati lagi yakni 14 -18 Februari, Dinas Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (DKPP) Kabupaten Hulu Sungai Utara  mempersiapkan lokasi, sarana prasarana dan fasilitas penyelenggaraan secara maksimal.

Kepala bidang pengadaan, pemberhentian dan informasi DKPP Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) H Ahmad Yusri di Amuntai, Rabu mengatakan, sebanyak satu ruang dilantai III Gedung DKPP yang baru di Jalan Basuki Rahmat akan menjadi lokasi penyelenggaraan tes CPNS.

"Sebanyak 100 buah personal komputer siap digunakan oleh peserta dalam melaksanaan tes CPNS berbasis komputer tersebut," ujar Yusri.

Yusri mengatakan, guna menunjang pelaksanaan tes CPNS berbasis komputer atau Computer Asisted test (CAT) maka pihaknya juga menyiapkan sistem jaringan dan kecepatan internet dari semula hanya 30 mpps menjadi 200 mpps.

Kecepatan sistem internet ini, kata Yusri, sudah sesuai dengan target yang diminta Badan Kepegawaian Nasional (BKN) yakni peraturan BKN nomor 50 tahun 2019.
 
Pejabat kabid Pengadaan, Pemberhentian dan Informasi DKPP HSU H Ahmad Yusri. (Antaranews Kalsel/Eddy Abdillah)

Pihaknya juga menambah mesin genset untuk mengantisipasi jika terjadi pemadaman listrik saat pelaksaan test CPNS tersebut berlangsung selama lima hari.

Sebenarnya, kata Yusri, pihak DKPP belum ada anggaran untuk pengadaan personal (PC) komputer untuk sarana pelaksanaan test CPNS berbasis CAT ini, sehingga pihaknya meminjam PC dari berbagai dinas dan instansi pemerintah daerah.

"Alhamdulillah terkumpul sebanyak 100 unit PC dari instansi, yang meminjamkan khususnya yang terbanyak dari Dinas Kesehatan bahkan sampai ke UPT- nya meminjamkan PC, juga dari SMK 1 dan PUPR," katanya.

Yusri berharap banjir yang melanda wilayah HSU bisa berkurang saat pelaksaan tes CPNS agar tidak menyulitkan peserta menuju kantor DKPP, karena ruas jalan menuju lokasi test CPNS di DKPP HSU cukup tergenang banjir.

Ia meminta, meski peserta harus tiba 1,5 jam sebelum tes dilangsungkan, namun peserta tidak terburu-buru karena khawatir kondisi banjir.

"Siapkan fisik dan mental, serta jangan lupa sarapan sebelum berangkat mengikuti tes," pesannya.

Diinformasikan, sebanyak 2371 orang peserta tes CPNS di Kabupaten HSU secara bergiliran mengikuti seleksi kemampuan dasar dan kemampuan bidang (SKD dan SKB) selama lima hari tersebut, sehingga setiap hari akan dilaksanakan lima sesi, kecuali Jum'at sebanyak empat sesi.

"Peserta yang lulus pada SKD belum dinyatakan lulus meski mencapai batas nilai (passing grade) karena harus pula lulus SKB yang nilai keduanya akan diakumulasikan sebelum akhirnya bisa dinyatakan lulus test," terang Yusri.

Yusri menyampaikan permohonan maaf kepada masyarakat yang akan berurusan ke DKPP HSU selama pelaksaan tes CPNS 14 -18 Februari karena tidak bisa dilayani secara maksimal dibagian pelayanan terpadu karena sebagian besar karyawan fokus membantu pelaksanaan tes CPNS.

"Selain itu pada 17 Februari juga bertepatan dengan kedatangan mobil pelayanan Taspen di DKPP yang biasanya berlokasi halaman depan DKPP, namun terpaksa digeser lokasinya ke ruas jalan depan Markas Kodim 1001 Amuntai karena adanya penyelenggaraan tes CPNS," katanya.

Berikut video hasil wawancara dengan Kabid Pengadaan, Pemberhentian dan Informasi DKPP HSU H Ahmad Yusri :  

 

Pewarta: Eddy Abdillah

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020