Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Kalimantan Selatan menyebutkan, empat cabang olahraga, yakni, dansa, tenis meja, gateball dan balap sepeda Kalsel akan bertanding di Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Jawa Timur.

Kabid Pembinaan Olahraga Prestasi Dispora Kalsel M Fitri Hernadi di Banjarmasin, Senin, mengungkapkan, keputusan terbaru bahwa pelaksanaan PON ke-20 tahun 2020 tidak semua cabang olahraga dipertandingkan di provinsi Papua.

Namun, tutur dia, ada sepuluh cabang olahraga yang ditambah akan dipertandingkan di Jawa Timur, karena tuan rumah Papua tidak siap venue.

Dari sepuluh cabang olahraga yang ditambah dan dilangsungkan di Jatim itu, Kalsel dapat meloloskan empat cabang olahraga, yakni, Dansa, Tenis Meja, Gateball dan Balap Sepeda.

"Ada sebanyak 25 atlet dan enam pelatih dari empat cabang olahraga daerah kita yang lolos ke PON dilangsungkan di Jatim ini," ucap Fitri.

Adapun PON di Papua, Kalsel meloloskan sebanyak 17 cabang olahraga, diantaranya Gulat, Karate, Silat dan menembak.

"Data berapa jumlah total atlet lolos ke PON Papua dari Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kalsel masih belum kita dapat, karena ada beberapa cabang olahraga yang belum keluar Surat Keputusan (SK) dari Pengurus Besar (PB)," terangnya.

Namun tentunya, kata Fitri, persiapan dan pembinaan atlet untuk PON ini sudah dilakukan antara Dispora dan KONI Kalsel.

"Tentunya kita target raih prestasi yang tinggi di PON tahun ini, karenanya pemusatan latihan kita tingkatkan," pungkasnya.




 

Pewarta: Sukarli

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020