Oleh Gunawan Wibisono

Banjarmasin,  (Antara) - Lima kecamatan wilayah Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, diterjang puting beliung sehingga puluhan rumah warga di wilayah tersebut mengalami kerusakan.

Anggota Taruna Siaga Bencana Provinsi Kalsel, Diedin di Banjarmasin Kamis mengatakan, dari hasil data yang ada kejadian anging puting beliung terjadi Senin (11/11) sore sekitar pukul 17.00 wita.

Pasca terjangan angin puting beliung tersebut kemudian dilakukan pendataan di lapangan ada sekitar lima kecamatan yang diterjang angin tersebut, seperti Kecamatan Kertak Hanyar 83 rumah mengalami kerusakan ringan dan 47 rumah rusak berat.

Selanjutnya Kecamatan Beruntung Baru 33 rumah rusak ringan, 35 rumah rusak sedang dan 18 rumah rusak berat sehingga sebagian warga harus mengungsi.

Sedangkan di Kecamatan Martapura Timur, ada tiga rumah rusak ringan, tujuh rumah rusak berat, di Kecamatan Martapura Barat tiga rumah rusak barat.

Terus dikatakan, terakhir di wilayah Kecamatan Gambut Kabupaten Banjar akibat terjangan angin puting beliung ada dua rumah rusak berat, 13 rumah rusak ringan.

Diedin juga mengatakan, dari hasil total keseluruhan rumah yang mengalami rusak akibat puting beliung 77 rumah rusak berat, 35 rumah rusak sedang, dan 132 rumah rusak ringan.

"Hingga saat ini warga yang rumahnya terkena musibah itu sudah ada yang mulai melakukan perbaikan agar nantinya bisa menjadi tempat tinggal kembali, dan kita juga memasang tenda darurat untuk membantu para korban," terangnya kepada Antara.

Untuk diketahui, dari data yang ada di Taruna Siaga Bencana Provinsi Kalsel dan hingga berita ini diturunkan tidak ada ditemukan korban jiwa pada saat musibah tersebut, demikian Diedin.

Pewarta:

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2013