Oleh Yose Rizal



Banjarbaru, (Antaranews.Kalsel) - Pengurus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Kota Banjarbaru Provinsi Kalimantan Selatan yakin fenomena Joko Widodo mampu mendongkrak perolehan suara partai pada Pemilihan Umum Legislatif 2014.

"Sosok Jokowi sudah dikenal oleh semua orang termasuk masyarakat Banjarbaru sehingga kami optimis perolehan suara partai ikut naik," ujar Ketua Dewan Pengurus Cabang PDIP Banjarbaru Joko Triono, Senin.

Ia mengatakan figur Gubernur DKI Jakarta yang juga kader PDIP itu punya magnet tersendiri yang bisa menarik simpati masyarakat terutama melalui terobosan yang dijalankannya dalam memimpin ibukota negara.

Di sisi lain, kata dia, peran media massa yang menampilkan figur Jokowi melalui berbagai kebijakannya dalam menata ibukota, juga akan berdampak positif terhadap peningkatan perolehan suara partai nasionalis itu.

"Simpati masyarakat dapat dilihat saat Jokowi menjadi juru kampanye calon kepala daerah seperti di Provinsi Jawa Barat yang akhirnya mengantar Ganjar Pranowo menjadi gubernur," ujar Wakil Ketua DPRD Banjarbaru itu.

Menurut anggota DPRD dua periode itu, kasus negatif yang melibatkan elit politik partai lain juga cukup membawa pengaruh mendongkrak perolehan suara partai dengan lambang banteng moncong putih tersebut.

"Kami berkeyakinan, kasus elit politik partai lain itu membuat suara partai mereka lari ke partai lain dan PDIP juga cukup diuntungkan sehingga diharapkan perolehan suara partai ikut naik," ujarnya.

Mengenai perolehan kursi di DPRD Banjarbaru, Joko yang kembali menjadi calon anggota legislatif menargetkan meraih tujuh kursi dari 30 kursi yang diperebutkan pada pemilu legislatif sekaligus menjadi pemenang pemilu.

"Targetnya meraih tujuh kursi dari 30 kursi dan kami optimistis mampu mencapainya karena caleg yang maju sebagai caleg sudah cukup dikenal terutama empat anggota DPRD yang kembali mencalonkan diri," kata dia.

Dikatakan, target tujuh kursi di lembaga legislatif itu berasal dari empat daerah pemilihan (dapil) yang tersebar pada lima kecamatan dengan jumlah target berbeda-beda setiap daerah pemilihan.

Disebutkannya dapil 1 yang meliputi Kecamatan Banjarbaru Utara dan Banjarbaru Selatan memperebutkan 12 kursi di target mampu meraih 3 kursi, dapil 2 Kecamatan Cempaka dari 5 kursi di target mendapat satu kursi.

Kemudian, dapil 3 yakni Kecamatan Landasan Ulin dari delapan kursi yang diperebutkan di target mampu meraih dua kursi dan dapil 4 Kecamatan Liang Anggang dapat satu kursi dari lima kursi diperebutkan.

Pewarta:

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2013