Oleh Imam Hanafi

Kotabaru,  (Antaranews.Kalsel) - Bupati Kotabaru, Kalimantan Selatan, H Irhami Ridjani menyatakan, hingga saat ini kabupatennya masih kekurangan sekitar 3.000 Pegawai Negeri Sipil (PNS) untuk menyelenggarakan pemerintahan daerah setempat.

"Kita sudah usulkan kepada Badan Kepegawaian Negara (BKN) dan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara (Kemenpan), untuk segera mengisi kekosongan PNS di Kotabaru," jelas Bupati di Kotabaru, Minggu.

Namun kenyataanya, lanjut dia, permintaan tersebut hanya diberi 171 melalui seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), yang hari ini dilaksanakan.

Irhami meminta kepada para pesertya untuk benar-benar memakfaatkan peluang yang ada tersebut, dengan membaca soal dengan teliti dan menjawab soal dengan hati-hati untuk menghindari jesalahan.

Belum semua formasi yang diberikan oleh Kotabaru bisa terisi, karena pemerintah memasang nilai batasan terendah atau passing grade 383.

Bupati berjanji kepada peserta yang belum beruntung agar tetap bersabar dan mengikuti seleksi CPNS di tahun-tahun mendatang, apabila masih mampu memenuhi syarat yang ditentukan.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Kotabaru, H Selamat Riyadi, menambahkan, untuk seleksi CPNS 2013, passing grade ditetapkan sebesar 383.

Apabila peserta mendapatkan nilai minimal atau diatas 383 mereka bisa masuk dalam kelompok yang masih akan ditetapkan peringkatnya yang disesuaikan dengan jumlah formasi.

Sementara itu, seleksi CPNS di Kotabaru 2013 diikuti oleh 3.457 orang, terdiri dari 3.297 pelamar jalur umum, dan 160 jalur honorer kategori II.

Kuota untuk tenaga pendidikan atau guru sebanyak 94 orang, diperebutkan oleh 1.828 orang pelamar, kuota tenaga kesehatan 60 orang akan diperebutkan oleh 712 pelamar dan tenaga teknis 17 orang yang akan diperebutkan oleh 757 orang.

Dari 3.297 orang pelamar, mereka menggunakan ijazah D III sebanyak 559 orang pelamar, dan 2.738 orang pelamar menggunakan ijazah sarjana atau S1.

Sedangkan honorer kategori II yang berjumnlah sekitar 160 orang akan memperebutkan kuota sekitar 30 persen yang akan diterima menjadi PNS.

Para honorer kategori II tersebut bermodalkan ijazah SD-SMP sebanyak 31 orang, SMA-D III sebanyak 116 orang dan sarjana atau S1 sebanyak 13 orang.

Sementara itu, penyelenggaraan selesksi CPNS di Kotabaru dilakukan di 21 sekolah SD, SMP dan SMA sederajat, dengan jumlah ruangan 175 lokal.

Pewarta:

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2013