Alam Kalsel sebenarnya tak kalah menariknya dengani lokasi-lokasi wisata terkenal dunia, ada pantai, gua, sungai, hutan, bahkan puncak, seperti di Puncak Mandiangin, Kabupaten Banjar, berada di sana seakan berada di Genting Highlands, Pahang Malaysia.

Karena lokasi Puncak Mandiangin, terutama pagi dan sore hari begitu dingin dan berembun tebal, persis di Genting Highlands, Malaysia.

Penulis yang melakukan perjalanan ke lokasi yang termasuk  wilayah Taman Hutan Raya (Tahura) Sultan Adam ini merasakan nikmatnya berada di puncak Mandiangin, angin semilir, embun tebal, pemandangan yang menakjubkan di mana-mana, yang lebih nikmat bisa menikmati semponi alam, bunyi burung, bunyi ketatangir, jangkrik, belalang, yang berbaur dengan suara desau angin menghantam dedaunan.
Puncak Mandiangin

Apalagi belakangan puncak Mandingin ini dibangun aneka fasilitas wisata, tempat selfie, gazebo, dan pesenggrahan Belanda yang dulu pernah ada sekarang direhabilitasi lagi, termasuk  kolam renang Belanda yang dibangun sejak 1940 ini kini kian diperbaiki.

Bahkan ada bangunan kincir angin, walau belum selesai kincir angin ini tetapi sudah memperelok suasana di puncak kawasan yang hanya satu jam perjalanan dari Kota Banjarmasin ini.

Jika bangunan kincir angin tersebut selesai akan menjadi tempat yang indah untuk berswafoto. Pengunjung bisa menjadikan kincir angin tersebut sebagai latar belakang untuk berswafoto, di tambah bangunan pesenggarahan Belanda. Maka foto yang dihasilan sudah seperti layaknya berada di Negara Belanda, apalagi jika berpakaian jaket tebal. 

Satu lagi bangun yang terus dibenahi Pemprov Kalsel adalah bekas rumah sakit TBC yang pernah dibangun Belanda yang kini kondisinya rusak parah.
Saat ini, bangunan tersebut sedang dalam proses renovasi, yang diharapkan akan mampu melengkapi kenyamanan wisatawan di daerah tersebut.
Puncak Mandiangin

Puncak Mandiangin yang masuk Taman Hutan Raya (Tahura) Sultan Adam adalah area hutan dan perbukitan yang terletak di Jl. Pengeran Mohammad Noor, Desa Mandiangin Timur, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan.
Puncak Mandiangin

Rute menuju puncak ini dari kota Banjarmasin menuju Tahura Mandiangin dapat ditempuh sekitar satu jam jam perjalanan, setelah melewati gerbang masuk Tahura, jalanan aspal menuju puncaknya kecil dan berliku, namun sangat sejuk dan masih cukup untuk berpapasan mobil asal hati-hati.

Pewarta: Hasan Zainuddin

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020