Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika Widodo Muktiyo mengajak seluruh Dinas Kominfo seluruh Indonesia untuk menyebarkan informasi kepada publik secara merata. 

Sebagai bentuk komitmen dalam penyebarluasan informasi dan komunikasi publik, acara Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Urusan Informasi dan Komunikasi Publik Tingkat Kabupaten/Kota diawali penyerahan PIN Emas.

Penyerahan Pin dilakukan Dirjen Widodo didampingi Direktur Tata Kelola dan Kemitraan Komunikasi Publik Selamatta Sembiring kepada perwakilan Diskominfo seluruh Indonesia salah satunya diterima Kabid Informasi dan Komunikasi Publik Dr. Eddy Elminsyah Jaya mewakili Diskominfo Banjar.  

"Penyematan ini diharapkan mampu membangkitkan motivasi, inovasi dan kreasi dalam penyebaran dan pengembangan informasi dan komunikasi," ujarnya pada rakornas yang dilaksanakan di Jakarta, Rabu, (11/12).

Kita punya tantangan besar tahun depan memasuki masyarakat informasi. Jangan sampai kominfo berperan setelah segala sesuatu terjadi, sehingga kesannya jadi pemadam kebakaran. 

"Jajaran Kominfo harus mampu membangun jejaring dengan pemangku kepentingan stakeholders untuk mencermati dan mengkaji langkah-langkah strategis dalam menghadapi isu kekinian," pesannya. 

Bahkan secara khusus, Dirjen IKP mengharapkan penguatan fungsi komunikasi serta koordinasi dari pusat hingga kabupaten/kota dan seluruh Dinas Kominfo memiliki akun media sosial agar sebaran informasi ke publik lebih meluas.

Melalui rakornas, Dirjen Widodo menekankan koordinasi antarpihak agar mampu menjawab tantangan sektor informasi dan komunikasi ke depan. Mulai dari kebijakan strategis Kementerian Kominfo periode 2020-2024 dalam mendukung 5 fokus pembangunan nasional.

"Termasuk meningkatkan efektivitas pengelolaan informasi dan komunikasi publik di era industri 4.0," sebutnya. 

Rakornas juga membahas sinergitas program kegiatan urusan sub urusan IKP Tahun 2020, aplikasi konten Bagimu Negeri-Bakti Nyata Anak Negeri, serta pelatihan teknis aplikasi konten Bagimu Negeri-Bakti Nyata Anak Negeri.

Mewakili Kepala Dinas kominfo Kabupaten Banjar Farid Soufian, Eddy Elminsyah Jaya mengatakan sebuah kehormatan bagi Dinas Kominfo, Statistik dan Persandian Kabupaten Banjar mendapatkan apresiasi dan motivasi dari Kementerian Kominfo RI terkait penyebaran dan pengembangan informasi dan komunikasi.

"Sebuah kehormatan atas apa yang kami lakukan selama ini menjadi perhatian Kementerian Kominfo RI di mana banyak hal telah dilaksanakan dalam upaya menyiarkan keberhasilan pembangunan di Kabupaten Banjar," ujarnya. 

Dikatakan, penyebarluasan informasi dilakukan baik melalui upaya internal seperti e-magazine, e-kliping, website, sosial media maupun Radio Suara Banjar dan intan TV serta menjalin hubungan baik dengan kawan pers seperti wartawan di daerah, baik itu yang berstatus kontributor media nasional maupun reporter media lokal.

"Perhatian Kominfo itu juga sebagai penyemangat bagi kami untuk terus berupaya meningkatkan pemberitaan #IndonesiaBaik," katanya.
 

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019