Gerakan Pramuka di Kabupaten Hulu Sungai Utara Kalimantan Selatan menjadi mitra strategis pemerintah daerah setempat untuk berperan serta membantu sejumlah program dan kegiatan pembangunan.

Setelah Balai Pengawas obat dan Makanan (POM) di Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) menggandeng gerakan Pramuka dalam kegiatan sosialisasi obat dan bahan pangan melalui kelompok Saka POM, kini giliran Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Daerah (DPPKBD) merangkul yang bermitra dengan organisasi berlambang tunas kelapa ini.

Kegiatan yang dilaksanakan Sabtu -Minggu kemaren diawali dengan menggelar kegiatan perkemahan dan jambore Saka Kencana, di  kawasan kantor DPPKBD HSU dengan menggelar beberapa perlombaan.
 
. (Eddy Abdillah)

Peserta khususnya dari kader Pusat informasi dan konseling (PIK) remaja dan anggota gerakan Pramuka dilingkungan sekolah dan kampus.

Kabid Keluarga Sejahtera Vivi Suprihati selaku pembina apel dalam pembukaan kegiatan Jambore mengatakan latar belakang kegiatan Jambore Pramuka Saka Kencana agar gerakan Pramuka diantaranya juga berperan mendidik kaum muda melalui kegiatan PIK Remaja.

Vivi mengatakan, DPPKBD melalui Genre Indonesia cabang HSU ingin menghidupkan kembali kegiatan Saka Kencana yg vakum beberapa waktu lamanya melalui kegiatan jambore ini dengan melibatkan anggota PIK remaja jalur pendidikan dan masyarakat.
. (Eddy Abdillah)

"Kegiatan ini dapat menjadi wahana bagi remaja dalam mengembangkan  program generasi berencana di masa sekarang dan masa yang akan datang," Ujar Vivi Suprihati di Amuntai, Minggu.

Selain itu, kata Vivi melalui kegiatan Jambore para kader belajar untuk memahami konsep tidak menikah di usia dini, tidak melakukan seks pranikah, tidak mencoba menggunakan obat-obat terlarang.

Semua kadar mempersiapkan kehidupan keluarga melalui 5 transisi kehidupan remaja yaitu sekolah, belajar, menikah menjadi anggota masyarakat serta dapat mewujudkan sebuah keluarga yang bahagia dan sejahtera.

"Kita juga mewujudkan tagline sakulah, kuliah, sarjana, begawi, hanyar kawin.
dengan motto Satya-ku kudharmakan, dharmaku kubaktikan." terangnya.
 
. (Eddy Abdillah)

Sementara itu Fadliannor selaku ketua pelaksana, menuturkan disamping kegitan perkemahan dan jambore kegiatan ini juga dalam rangka memperingati Hari AIDS Nasional yang jatuh pada 1 Desember 2019.

"Kami berterima kasih atas dukungan Kapala DPPKBD Kabupaten HSU Hj Anisah Rasyidah Wahid atas sukesnya pelaksanaan kegiatan Jambore ini," katanya.

Ia juga mengharapkan melalui kegiatan ini dapat terbangun kader-kader remaja yang terhindar dari obat-obatan terlarang, seks pranikah dan terhindar dari pernikahan dini.

Jambore diisi dengan kegiatan pemberian materi mengenai Krida Saka Kencana, lomba cerdas cermat, lomba cooking show, paduan suara, talk show seputar HIV, talent show,  bazar amal serta penggalangan dana untuk korban musibah kebakaran di Desa Sungai Bali Kecamatan Pulau Sebuku Kabupaten Kotabaru.
 

Pewarta: Eddy Abdillah

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019